11 September 2009

[sobat-hutan] Perkebunan Besar Sumber Asap

 

http://matanews.com/2009/08/11/perkebunan-besar-sumber-asap/

Perkebunan Besar Sumber Asap

Headlines | Tue, Aug 11, 2009 at 03:10 | Palangkaraya, matanews.com

Kabut asap pekat yang menyelimuti sejumlah daerah di Kalimantan Tengah diduga sebagian besar merupakan sumbangan dari aktivitas pembakaran lahan yang dilakukan perusahaan perkebunan besar swasta.

"Hasil pemetaan satelit menunjukkan sebagian besar titik api terjadi di daerah milik kawasan perkebunan besar yang tengah melakukan kegiatan pembukaan lahan," kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalteng Ari Rompas, di Palangkaraya, Senin.

Menurut Ari Rompas, Walhi menduga kuat titik api hasil pantauan satelit NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) tersebut merupakan lahan konsesi milik perkebunan besar yang sedang terbakar.

Pembakaran lahan yang dilakukan perkebunan besar itu diduga dalam skala luas sehingga menghasilkan kabut asap pekat yang bertebaran menyelimuti berbagai daerah di Kalimantan Tengah.

Beberapa daerah yang marak diselumuti kabut asap hasil pembakaran lahan oleh perkebunan besar itu diantaranya seperti di Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat, serta wilayah lain di Kalteng bagian selatan.

Ari berharap, aparat kepoliian harus tanggap dan segera menindaklanjuti titik api hasil pantauan satelit tersebut untuk mendapatkan fakta dan bukti di lapangan guna menjerat pemilik perusahaan ke jalur hukum.

"Selama ini, pihak kepolisian selalu mengatakan tindak pidana seperti ini sangat sulit sekali dibuktikan, padahal kalau punya niat baik dengan fakta seperti ini, jelas-jelas akan ditemukan bahwa ini terjadi pembakaran di kawasan perkebunan," ujar Ari.

Ari mengatakan, pihaknya pernah melaporkan aktivitas pembukaan lahan dengan metode pembakaran oleh sejumlah perusahaan pada tahun 2006 ke penyidik kepolisian namun tidak ditindaklanjuti.

Pola pembakaran serupa kembali terulang tahun ini setelah dalam dua tahun belakangan dilarang keras oleh pemerintah daerah baik skala kecil maupun besar, perorangan maupun korporasi.

"Kami sudah beberapa kali melaporkan dan ini metodenya selalu berulang. Saya kira pemerintah sudah harus tegas, karena perusahaan bagaimana pun punya tanggung jawab hukum terhadap kawasan perkebunan yang terbakar itu, baik disengaja maupun tidak," jelasnya.

Ari menyatakan, dari pemantauan melalui satelit NOAA yang diakses melalui internet, aktivitas titik api di perkebunan terkonsetrasi di wilayah selatan, terutama di tiga kabupaten yang terkenal dengan perkebunan sawitnya, yakni Seruyan, Kotawaringin Timur, dan Kotawaringin Barat.(*an)

Direktur Eksekutif Walhi Kalimantan Tengah
 
Jl. Cikditiro No. 16  Palangkaraya 73112 Kalimantan Tengah ; Indonesia
Telp     : +(62(0) 536-3226437,
Fax      : +62(0) 536-3238382
e-mail   : kalteng@walhi.or.id
            : rompas@walhi.or.id
Web    : http://www.walhi.or.id/kalteng

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

.

__,_._,___

No comments: