14 August 2009

[sobat-hutan] SOMASI LAMUNTI KEPADA PIHAK PT> GLOBALINDO AGUNG LESTARI _Sawit Di PLG

 

 

 

SOMASI LAMUNTI

KEPADA PT. GLOBALINDO AGUNG LESTARI

 

Kepada Yth

Pimpinan PT. Globalindo Agung Lestari

Di

     Kuala Kapuas

               

Salam hormat.

Sejak keberadaan PT. Globalindo Agung Lestari (PT.GAL) yang bergerak dibidang Perkebunan Kelapa Sawit di UPT Lamunti Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (tahun 2006 sampai sekarang 2009) hampir selalu terjadi konflik lahan dan tanam tumbuh masyarakat ; baik itu permasalahan antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintahan desa, antar Pemerintahan Desa, masyarakat dengan Perusahaan, maupun Pemerintahan Desa dengan Perusahaan. Dan sampai sekarang tidak ada niat baik dari perusahaan untuk mau menyelesaikannya. Dari rata‐rata pertemuan guna menyelesaikan masalah tersebut, walaupun sudah diundang, pihak Perusahaan (PT. Globalindo Agung Lestari) sering tidak hadir dan terkesan meremehkan masalah yang ada. Sampai pada pertemuan terakhir pada tanggal 5 Juli 2009 dibalai desa Sriwidadi yang juga dihadiri pihak Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas, dari PT. Globalindo Agung Lestari walaupun sudah diundang tidak ada satupun yang hadir sehingga permasalahan juga tidak ada penyelesaiannya.

 Melihat kondisi yang berkembang dan untuk menjaga suasana yang kondusif di UPT Lamunti, maka kami yang tergabung dan mendukung SOMASI LAMUNTI ini, menyatakan :

1.       Menolak dengan tegas keberadaan PT. Globalindo Agung Lestari di Desa Sriwidadi UPT Lamunti Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah karena tidak menghargai ketetapan yang telah diatur Undang‐Undang, Pemerintahan Desa, Adat Istiadat, maupun kebiasaan yang berlaku. (belum memiliki HGU, AMDAL dan kesepakatan yang jelas dengan masyarakat sudah berani melakukan penggarapan lahan dan penanaman).

2.       Meminta kepada pihak terkait khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas (Bupati Kapuas) untuk mencabut ijin lokasi yang diberikan kepada PT. Globalindo Agung Lestari maupun Perusahaan sawit lainnya di UPT Lamunti dan membantu penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat dengan Perusahaan. (karena tidak seusai dengan UU No.15 tahun 1997 Tentang Ketransmigrasian, Inpres No.2 2007, Master Plan maupun KTM).

3.       Menuntut pertanggung jawaban PT. Globalindo Agung Lestari yang telah menggarap lahan dan tanam tumbuh masyarakat. (karena tanpa ada kesepakatan dan ijin dari yang punya tanam tumbuh dan lahan, Perusahaan sudah berani menggarap).

4.        Selama belum ada penyelesaian yang jelas, maka PT. Globalindo Agung Lestari dilarang melakukan aktivitas perluasan dan penggarapan lahan baru.

5.       Meminta kepada seluruh warga dan tokoh masyarakat Lamunti dan sekitarnya untuk tidak mudah diadu domba oleh Perusahaan dan oknum tertentu, sehingga tetap menjaga suasana yang kondusif sampai permasalahan ini selesai.

Demikian SOMASI LAMUNTI ini dibuat dan disampaikan berdasarkan rasa sadar dan penuh rasa nasionalis. Dan jika dalam waktu 15 (lima belas) hari setelah surat SOMASI LAMUNTI ini diterima PT. Globalindo Agung Lestari, tidak ada tanggapan yang baik dari Perusahaan, maka kami akan melakukan tindakan secara tegas sesuai Undang‐Undang, Adat Istiadat dan kebiasaan yang berlaku.

 

Lamunti Juli 2009

 

PENDUKUNG SOMASI LAMUNTI

 

1.       Kepala desa Sriwidadi                               Muhamad Fauzi                < Tanda tangan dan cap desa>

2.       Kepala desa Sumeber Makmur                 Yusuf                                     < Tanda tangan dan cap desa>

3.       Ketua BPD Sumber Makmur                       Dewansyah                        < Tanda tangan dan cap BPD>

4.       Kepala Desa Keladan Jaya                        Supriadi                                < Tanda tangan dan cap desa>

5.       Kepala Desa Saka makmur                        Haga Meldi                         < Tanda tangan dan cap desa>

6.       Kepal Desa Manyaho                                 Suparno                               < Tanda tangan dan cap desa>

7.       Kepal Desa Rantau Jaya                             Mahrurozi                           < Tanda tangan dan cap desa>

8.       Ketua Forum Galam                                    Joko Maryata                     < Tanda tangan dan cap Forum>

9.       Ketua Forum Mahaga Lewu                        Rustam Efendi                   < Tanda tangan dan cap Forum>

 

Tembusan :

1.       Presiden Republik Indonesia

2.       Mentri Tranmigarsi dan Tenag Kerja

3.       DPR RI

4.       Komnas HAM

5.       Gubernur Kalimantan Tengah

6.       DPRD Propinsi Kaliamntan Tengah

7.       Bapedda Propinsi Kaliamntan Tengah

8.       Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah

9.       Dinas Transmigrasi dan Tenaga Keraj Kaliamntan Tengah

10.   Bupati Kabupaten Kapuas

11.   DPRD Kabupaten Kapuas

12.   Bappeda Kabupaten Kapuas

13.   Dinas Transmigarsi Kabupaten Kapuas

14.   Dinas Perkebunan dan Kehutana Kabupaten Kapuas

15.   Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas

16.   Sawit Watch Indonesai

17.   Save Our Borneo

18.   Walhi Kalimantan Tengah

19.   Media cetak mapun media elektronik

 
 
Direktur Eksekutif Walhi Kalimantan Tengah
 
Jl. Cikditiro No. 16  Palangkaraya 73112 Kalimantan Tengah ; Indonesia
Telp     : +(62(0) 536-3226437,
Fax      : +62(0) 536-3238382
e-mail   : kalteng@walhi.or.id
            : rompas@walhi.or.id
Web    : http://www.walhi.or.id/kalteng

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: