06 August 2009

[sobat-hutan] Ical Pimpin Partai Golkar, Bagaimana Nasib Korban Lapindo?

 

Ical Pimpin Partai Golkar, Bagaimana Nasib Korban Lapindo?
        
       

"Insya Allah, Aburizal Bakrie (Ical) akan memimpin partai ini dan kita semua untuk menegakkan kembali kejayaan Golkar," ujar tokoh Golkar, Akbar Tandjung, seperti yang ditulis KOMPAS hari ini (7/8). Di tempat terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Gorontalo, yang juga Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad menyatakan, enam DPD se-Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara secara bulat mendukung pencalonan Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Jusuf Kalla. Fadel juga mendukung pilihan agar Partai Golkar tetap mendukung pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono.


Perebutan kursi Ketua Umum Partai Golkar makin seru, karena akan menentukan posisi partai setelah pilpres 2009. Merapat ke SBY atau menjadi oposisi. Sang kandidat Ketua Umum Golkar yang juga mantan petinggi Group Bakrie Aburizal Bakrie dikabarkan ingin membawa partai merapat ke kubu SBY. Alasannya, Golkar biasa kerja di pemerintahan.


Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana nasib korban Lapindo bila Aburizal Bakrie (Ical) yang menjadi Ketua Umum Partai Golkar?


Dalam sebuah wawancara dengan wartawan Al Jazeera, Human Right Lawyer Taufik Basari secara tegas mengatakan bahwa ada konflik kepentingan dalam kabinet SBY periode 2004-2009 dalam menyelesaikan kasus Lapindo (http://www.youtube.com/watch?v=H0USZ0nX3Pk&feature=fvsr).


Menurut Taufik Basari, konflik kepentingan itu muncul karena adanya mantan petinggi Group Bakrie yang duduk dalam kabinet SBY periode 2004-2009. Sementara, telah menjadi pengetahuan publik bahwa Lapindo adalah salah satu perusahaan milik Group Bakrie.


Jadi jika nanti mantan petinggi Group Bakrie Aburizal Bakrie berhasil merebut kursi Ketua Umum Golkar dan kemudian merapat ke SBY, maka dapat dipastikan konflik kepentingan dalam penyelesaian kasus Lapindo akan kembali terulang.


Artinya, pemerintah makin tidak berdaya berhadapan dengan Lapindo.  Berbagai penyesatan informasi yang mengiringi kasus Lapindo seperti yang tertulis dalam indepth report "Memanen Dusta di Banjar Panji" (http://www.scribd.com/doc/18090633/Indepth-ReportMemanen-Dusta-Di-Banjar-PanjiSatuDunia) akan menguap. Begitu pula mengenai dokumen rahasia Medco mengenai kasus Lapindo pun dipastikan tidak akan ditindaklanjuti pemerintah.


Lantas, akankah penderitaan korban Lapindo selama tiga tahun lebih ini akan dilanjutkan hingga lima tahun kedepan?

Sumber: http://public.kompasiana.com/2009/08/07/ical-pimpin-partai-golkar-bagaimana-nasib-korban-lapindo/

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: