09 June 2009

[sobat-hutan] Pemprov Kalteng Mengusulkan Konversi Hutan 2,6 juta Ha dalam RTRWP



Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Usulkan Pelepasan 2,6 Juta Ha Kawasan Hutan

 

SHK Kalteng Post , Selasa 9 Juni 2009

Palangka Raya - Forum Tata Ruang Kalteng mengkalkulasi 12.294.052,28 Ha atau 80 persen Luas Kalteng di jadikan Perkebunan sawit, HPH,HTI dan Pertambangan.

Namun sayangnya semua itu bukan untuk kepentingan rakyat tetapi untuk kepentingan investor. Bahkan saat ini Pemprov Kalteng telah mengusulkan untuk melepas 2.608.834 hektare dalam Rencana tata ruang provinsi  (RTRWP). Pemerintah daerah dalam RTRWP mengusulkan pelepasan kawasan hutan seluas 2.608.834 Ha dari 15.356,400 Ha Luas Kalteng. Tetapi kami menemukan  beberapa kawasan hutan sudah beralih fungsinya menjadi HGU (Hak Guna Usaha) kata Direktur Eksekutif Walhi Kalteng , Arie Rompas yang merupakan anggota Forum Tata Ruang Kalteng.

Perusahaan perkebunan yang memiliki HGU berdasarkan data WALHI  tahun 2007 adalah 666.621 Ha Wilayahnya tersebar di kabupaten kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Seruyan. Peningkatan terjadi pada tahun 2009 terutama pada izin dan arahan lokasi. Kawasan Hutan yang sudah di konversikan ke nonhutan telah mencapai 2.985.609 hektar.Hutan lindung di ubah fungsi menjadi kawasan Hutan Produksi sebesar 3.607.363 hektar,dan izin Perkebunan tanpa Pelepasan Kawasan Hutan 2.844.331 Ha yang sebagian sudah bersetatus HGU.

Kemudian Tumpang Tindih Lahan Perkebunan dengan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) dan Hutan Tanaman Industri (HTI) 600.209 Hektar serta Arahan Lokasi Tambang Dan Kebun 480.740 hektar. Peralihan fungsi kawasan hutan yang tak sesuai usulan dalam RTRWP dan Peraturan yang ada sangat merugikan NEGARA. Menurutnya forum Tata Ruang Kalteng akan menghitung kerugian tersebut dan nantinya dijadikan alasan untuk mengampanyekan isu lingkungan. Pasalnya, masyarakat saat ini tidak di berikan INFORMASI yang utuh tentang RTRWP.

Dengan adanya kampanye lingkungan, rakyat kalteng diharapkan memperoleh pemahaman secara utuh, tak sepenggal-pengal seperti sekarang. Kampanye lingkungan akan kami sampaikan dalam bentuk rilis ke media massa  serta melakukan  upya advokasi dan litigasi karena terjadi beberapa pelanggaran hukum oleh pemerintah terkait perubahan kawasan hutan.Pelanggaran itu  misalnya proses konversi kawasan hutan tanpa melalui izin pelepasan kawasan berdasarkan UU 26/2007 dan PP 6/2008 tuturnya.

Direktur eksekutif walhi kalteng periode 2009-20013  ini mengungkapkan , ada beberap hal  yang tidak dilaksanakan pemerintah secar prosedur. Anatara lain  hasil ; Hasil Pengkajian Penataan Ruang Nasional, Keselarasan Hasil Pembangunan Nasional dan Daerah dan  Daya Tampung Lingkungan Hidup

 

Sepertinya itu tak menjadi bagian penting dalam perubahan tata ruang saat ini. Itulah sebabnya Forum Tata Ruang Kalteng berencana membentuk tim advokasi untuk menganalisis hukumnya.

Setelah di analisis, karean ini litigasi mungkin kami akan melakukan proses hukum. Sebab jika RTRWP disahkan, artinya departemen kehutan dan DPR-RI juga melegalkan sesuatu yang ilegal. Artinya mereka bersama-sama terlibat dalam kebijakan yang melanggr UU. Ini yang coba kami jawab dengan forum tata ruang ini." ucapnya.

Selain itu , jelas RIO, forum menemukan adanya gartifikasi dalam proses perubahan tata ruang. " kamipunya satu kasus yang akan di jadikan persoalan tata ruang dimana ada satu kawasan  hutan lindung yang diberikan  izin menjadi hutan produksi yang tidak mengikuti prosedur. Itu adalah hutan lindung Palasi yang berlokasi di Kabupaten Murung Raya. Kata direktur eksekutif  Walhi Kalteng tersebut.

 

 
 
 
Direktur Eksekutif Walhi Kalimantan Tengah
 
Jl. Cikditiro No. 16  Palangkaraya 73112 Kalimantan Tengah ; Indonesia
Telp     : +(62(0) 536-3226437,
Fax      : +62(0) 536-3238382
e-mail   : kalteng@walhi.or.id
            : rompas@walhi.or.id
Web    : http://www.walhi.or.id/kalteng

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Odd News

You won't believe

it, but it's true

Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

.

__,_._,___

No comments: