11 May 2009

[sobat-hutan] deFACEment : teguh ostenrik pada deformasi seribu wajah



puluhan wajah-wajah manusia, topeng-topeng di panggung sandiwarakah? merenungkan keadaban kita.

(bagian pertama dari 4)

selengkapnya beserta  etalase foto karya rupa teguh ostenrik silah kunjung
http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/05/defacement-teguh-ostenrik-deformasi.html

bumi, air, udara, kesuburan, bebatuan, bahan tambang, sungai, ngarai, debur ombak, puluhan ribu pulau di hampar sabang merauke, lahar, gunung api, krakatau 1883, homo erectus, homo soloensis, asin laut, asam, basa, hutan gambut, hutan bakau, savanna, tanah liat, bakau, batu gamping, kapur, khatulistiwa, panas menggigit kering kerontang, kubur kajang, dingin mengigit atap langit bersalju di papua, geologi, ekologi, biologi, kekayaan alam, perjumpaan peradaban, migrasi bangsa-bangsa,

negeri ini tergeletak kalah atau menang diantara dua benua dan dua samudera?

melahirkan seribu neka suku bangsa, bahasa, ekspresi budaya, kalah atau menang?

sesungguhnya negeri ini tanah tumbuh, bahan baku, ekpresi kesenian dan kebudayaan tak habis-habisnya, teramat kaya dan menakjubkan.

orang bilang tanah kita tanah surga
tongkat batu dan kayu jadi tanaman……..

koesplus bicara tentang suburnya tanah di negeri ini, teguh ostenrik melalui pameran tunggalnya "defacement" (yang disiapkan oleh ide global art, gedung arsip nasional 25-29 arpil lalu) bicara tentang ragam ekspresi wajah manusia yang sama kayanya.

demikian pula kayu, batu, besi bekas, ban bekas, plastik bekas, kulit kayu, beling, perca atau bahkan sisa potongan rambut tukang cukur melalui olah pikir, rasa dan tangan-tangan terampil semua itu bisa menjadi bahan baku karya seni yang hebat.

pada pameran 'deFACEment" ini teguh memulung besi bekas, dan mengolah di bengkelnya menjadi puluhan instalasi rupa wajah-wajah . Kemudian untuk menampilkan kesan lebih kuat atas keusangan, ia torehkan zat kimia untuk menambah karat…..

dalam booklet pameran teguh onsentrik menjelaskan apa yang sesungguhnya ingin ia ekspresikan..

mengapa tema wajah manusia? alasannya sederhana saja kata teguh, bahwa ekspresi muka mengungkapkan kepribadian seseorang. "setiap kali saya melihatnya, timbul pertanyaan dalam benak saya apakah arti semuanya? jika seseorang tersenyum, maka muncul pertanyaan ada apa di balik senyumnya, bisa jadi senyum bukan lagi sebuah cermin kegembiraan, tapi mungkin ada rasa getir yang tertahan"

kemudian teguh bertanya secara kritis terkait teknologi dan jiwa manusia. teknologi terus saja berkembang, apakah demikian pula jiwa manusia? apakah sejalan dengan perkembangan waktu, manusia semakin bahagia? sebaliknya kata teguh, fakta saat ini menunjukkan bahwa banyak orang yang semakin menderita.

lantas bagaimana kisah dunia ini panggung sandiwara, seperti dinyanyikan godbless?
teguh tegas mengatakan apa yang dipancarkan wajah bukan lagi manifestasi jujur atas perasaan jiwa tetapi seringkali hanya sekeping topeng yang sedang menghadapi kenyataan. "inilah dasar pemilihan judul deFACEment, karena manusia telah mengalami deformasi. harapannya adalah, bagaimana kita bisa membaca yang tersirat, bukan yang tersurat."

opss surut sejenak dulu, sebenarnya saya merasa terganggu dengan satu pernyataan teguh, yakni apa yang ingin ia sampaikan dengan menyandingkan perkembangan teknologi dan perkembangan jiwa manusia.

saya langsung teringat soal ancaman kiamat dari berton-ton limbah nuklir, senjata-senjata nuklir, kimia dan biologi, rekayasa genetik, teknologi energi yang menghasilkan lubang ozon, hujan asam, lelehan salju di atap langit papua dan ancaman lenyapnya ribuan pulau di nusantara akibat naiknya permukaan air laut. belum lagi aneka flu, dari flu burung, flu singapura, flu babi yang bisa jadi karena rusaknya keseimbangan alam dan limbah yang tidak terurus dengan baik. juga teknologi yang memperbudak manusia, teknologi rekayasa wajah dan tubuh yang lahirlah bonek-boneka, manekin malahan mutan, teknologi yang terus berkembang menghasilkan perubahan tiap bulan fitur-fitur teknologi komunikasi dan informasi dengan limpahan sampah handphone, tv misalnya, teknologi (psikologi) rekayasa kesadaran manusia, dan konsumerisme sebagai salah satu produknya. juga memoles wajah bersimbah darah atau wajah abdi modal dan menghina korban lumpur lapindo (sepanjang 3 tahun ini) menjadi calon pemimpin masa depan yang bersih, peduli, berwibawa.

tentu saja teguh tidak bicara teknologi dari sisi negatif ini yang berjalan seiring dengan perkembangan jiwa manusia, dari keadaban menuju kebiadaban. barangkali topeng-topeng wajah adalah topeng-topeng kekalahan jiwa manusia. walau saya yakin wajah-wajah yang jujur dari adab dan kemanusiaan akan tetap hidup, bertahan, bekerja dan memanen hasil. baca juga kontradiksi antara wajah-wajah kalah dan wajah-wajah harapan pada pameran herri purnomo yang uniknya berlangsung hampir berbareng dengan pameran teguh (menunggu aba-aba : bayi bertato, kepompong dan pisau sangkur).
http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/05/menunggu-aba-aba-bayi-bertato-kepompong.html

kembali kepada pesan teguh, deformasi ekspresi manusia itu tentunya hanyalah satu tawaran penghayatan, sebenarnya teguh juga menawarkan soal lain lagi yang agaknya luput dari sorotan media paling tidak begitu yang terbaca dari laporan kompas 'wajah kita pada besi tua (ilham khoiri 26 april 2009)

memang ilham menyoroti proses kreatif teguh dan soal-soal teknis pengolahan besi tua dalam proses penciptaan teguh, tetapi luput menyoroti kenapa dipilih medium besi tua. Ternyata konsepnya adalah kembali ke bumi, ragam warna besi berkarat sebagai representasi ragam warna tanah dan juga konsep daur ulang. Di titik ini omelan saya soal teknologi pembunuh dan memperbudak bertemu lagi dengan gagasan teguh

(foto dan teks andreas iswinarto)

(bersambung)

selengkapnya beserta  etalase foto karya rupa teguh ostenrik
http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/05/defacement-teguh-ostenrik-deformasi.html



__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Yahoo! Groups

Mom Power

Just for moms

Join the discussion

Group Charity

Stop Cyberbullying

Keep your kids

safe from bullying

.

__,_._,___

No comments: