19 April 2009

[sobat-hutan] Dari Aktivis Anti Soeharto, Lingkungan Hingga Perkumpulan Penderita Psoriasis Arthritis



Sepenggal Kisah Hidup Sardiyoko Dari Aktivis Anti Soeharto, Lingkungan Hidup Hingga Perkumpulan Penderita Psoriasis Arthritis


semoga bermanfaat

salam hangat

andre


''Jadi, ada dua periode dalam hidup saya ini. Pertama, dikejar-kejar tentara. Kedua, dihajar penyakit,'' ……….

Sardiyoko

2 Tahun Berpindah-pindah Tempat dan Menyamar Untuk Menghindari Penculikan
3 Tahun Memimpin Walhi Jawa Timur
7 Tahun Melawan Penyakit Psoriasis Arthritis

Dalam rubrik Metropolis People harian Jawa Pos 18 April 2009 menuliskan kisah kawan Sardiyoko. Dahulu selama mahasiswa ia aktif di Solidaritas Mahasiswa untuk Demokrasi, kemudian setelah menyelesaikan kuliahnya yang sempat tertunda karena berada di pelarian ia bergabung di Walhi Jawa Timur dan akhirnya menjabat Direktur. Kemudian karena penyakit yang dideritanya ia berbilang tahun terpaksa meringkuk tak berdaya di ranjang (bahkan berbicara pun susah payah dilakukannya). Sardiyoko mengatakan ia bisa bertahan melawan penyakit Psoriasis Arthritis tak pelak karena mental sudah tertempa karena dulu aktif di organisasi pergerakan menentang Soeharto.

Terkait kisah hidupnya ia berpesan kepada kawan-kawannya

Saudaraku... berikut ini saya postingkan berita tentang kisah saya dalam menghadapi sakit yang saya derita selama ini.....

Semoga bisa menjadi inspirasi buat kita semua untuk tetap semangat.

Tetap semangat


Terima kasih Yoko, karena mau berbagi termasuk kejujuranmu. Contohnya yang satu ini "(saya ) Pernah Ditodong Pistol Orang Tak Dikenal sampai Ngompol"


Berikut beberapa petikan kisah hidup Sardiyoko seperti dilaporkan oleh Jawa Pos.

Dia menceritakan, awal pergulatan dia dengan dunia aktivis adalah ikut Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID) pada 1993. Organisasi itu terkenal sangat militan. Para anggotanya kondang sebagai orang-orang tanpa rasa takut. Mereka tidak gentar berdemonstrasi dan melakukan rapat-rapat bawah tanah. Padahal, saat itu kuku kekuasaan militer Soeharto masih kuat menancap.

Tak heran, Sardiyoko kemudian menjadi salah seorang sasaran penculikan paling utama tentara Orde Baru waktu itu. Risiko tersebut disadari penuh oleh Sardiyoko. Pada suatu malam pada 1995 misalnya, dia pernah ditodong pistol ketika berada di Terminal Arjosari oleh seorang tak dikenal. Sebab, Sardiyoko ditengarai menjadi organisatoris bagi buruh dan mahasiswa, menentang beberapa kebijakan Orde Baru. ''Saya diancam akan dibuang ke Kali Brantas kalau tidak menghentikan aktivitas ini. Terus terang saya ketakutan. Sampai ngompol di celana,'' ceritanya sambil terkekeh.


*****************

Setelah melakukan pelarian selama dua tahun lebih, Sardiyoko bisa bernapas lega. Sebab, Soeharto sudah turun dan konstelasi politik berubah. Pada 1999, dia memutuskan menyambung kuliahnya yang sempat lama terputus di Jurusan Ilmu Politik Unair. Akhirnya pada 2001, dia lulus dari sana. Pada 2002, dia memutuskan masuk Wahana Lingkungan Hidup Indonesia alias Walhi. Pada tahun yang sama, dia diangkat menjadi direktur Walhi Jawa Timur sampai 2005. ''Jadi, ada dua periode dalam hidup saya ini. Pertama, dikejar-kejar tentara. Kedua, dihajar penyakit,'' celetuknya, lalu tertawa.

****************

Sardiyoko sadar telah mengalami semacam euforia kesehatan. Sebab, lebih dari tujuh tahun dia dihantam penyakit ''mengerikan' '. Namanya psoriasis arthritis. Itu sejenis radang tulang yang menyerang persendian. Bagi yang terserang penyakit itu, sendi akan mengalami peradangan hebat. Tulang belulang sangat nyeri dan kaku hingga tidak bisa digerakkan.

Hingga hari ini pun, dunia kedokteran masih belum mampu menyembuhkan secara total penyakit tersebut. ''Jadi, ya bertahun-tahun ini saya hanya tergolek di tempat tidur. Jangankan untuk jalan, bicara saja susah. Nyeri, sakit sekali,'' jelasnya. ''Karena itu, saya betul-betul menikmati fase ini,'' lanjutnya.


Selengkapnya

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2009/04/dari-aktivis-anti-soeharto-lingkungan.html


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: