05 March 2009

[sobat-hutan] Bibit Pohon Akan Disebar dari Udara pada 200 Ribu Ha Lahan

Refleksi : Bagus ada usaha reboasasi, tetapi bibit pohon apa yang mau disebarkan dari udara? Apakah  bibit pohon damar, bibit pohon durian, jeruk,  sukun, kopi, coklat  etc yang ada langsung faedahnya bagi penduduk dan binatang ataukah  bibit pohon ecalyptus yang  tidak ada faedahnya  sebalin hanya memenuhi keperluan pulp industri?  Kalau pohon ecalyptus  lebih banyak merusak dari pada menguntungkan penduduk. Jadi supaya penduduk tidak dibodohi oleh rezim berkuasa berpolitik akal bulus dengan reboasasi gadungan.
 
 
 
Kamis, 05/03/2009 16:32 WIB

Bibit Pohon Akan Disebar dari Udara pada 200 Ribu Ha Lahan
Nograhany Widhi K - detikNews
 
Jakarta - Sekitar 150 ribu sampai 200 ribu hektar lahan di Indonesia akan direboisasi.¨Bibit pohon itu tidak ditanam satu per satu, namun disebar melalui udara.

"Pemerintah memutuskan akan melakukan metode penanaman benih melalui udara, namanya aeroseeding," kata Menteri Kehutanan MS Kaban.

Hal itu disampaikan Kaban usai rapat koordinasi dengan Wapres Jusuf Kalla (JK), di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2009).

Aeroseeding ini akan diterapkan pada 150 ribu sampai 200 ribu hektar lahan kritis di Indonesia, antara lain di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Biayanya menjadikan lahan kritis menjadi hutan lindung ini sekitar Rp 50 miliar- Rp 100 miliar. "Itu untuk semuanya. Untuk sewa pesawatnya, untuk beli bibitnya," ujar Kaban.

Bibit yang akan ditanam antara lain, bibit pohon trembesi, sengon, kaliandra dan tanaman keras lainnya. Program ini, imbuh dia, berbeda denga Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (Gerhan) yang sudah dilaksanakan. "Ini untuk percepatan," kata dia.

Alasan metode ini dipakai, menurut Kaban, adalah jangkauan yang luas. Bahkan di daerah yang sulit dijangkau.  Selain itu juga waktu penyebarannya lebih cepat. Metode ini, sebelumnya sudah diuji coba di Nganjuk, Jawa Timur. Di Nganjuk, ada 3 petak dengan total luas 350 meter persegi yang ditanami bibit dari udara. "Hasilnya tumbuh 22 pohon," kata dia.

Namun Kaban mengakui tingkat kegagalan metode ini belum diketahui dan masih diuji.

Selain Wapres JK dan Menhut MS Kaban, ada Menteri Negara Kementerian Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, Menteri Pertanian Anton Apriantono dalam rapat koordinasi ini. (nwk/aan)

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: