09 February 2009

[sobat-hutan] Jangan "Sakiti" Pohon-pohon Pelindung di Tepi Jalan

 
 
Jangan "Sakiti" Pohon-pohon Pelindung di Tepi Jalan
 
 

SAYA sering membaca di media massa belakangan ini bahwa di Kota Medan pohon-pohon di tepi jalan sekarang ini sedang "menderita" luar biasa.

Pasalnya, demi promosi diri, gambar-gambar caleg dipakukan ke badan pohon-pohon pelindung tersebut. Tak tanggung-tanggung, satu pohon bisa berderet lima atau enam gambar!

Bayangkan, kalau saja pohon-pohon itu bisa bicara dan berteriak, pasti mereka akan menjerit sekuat-kuatnya atas perlakuan tidak manusiawi yang dilakukan oknum-oknum tertentu. Hanya demi kepentingan sekelompok orang, pohon-pohon tersebut harus "menahan sakit" akibat badannya dipaku!

Biasanya para oknum tersebut bekerjanya pada malam hari ketika semua orang sudah terlelap. Buktinya, di tempat saya tinggal juga begitu. Selama ini pohon-pohon di depan rumah saya "aman" dari  perlakuan tak manusiawi itu.

Namun, pada hari Jumat pagi (6/2/2009) saya terkejut bukan kepalang karena sudahada tiga gambar caleg dipakukan di situ. Padahal, Kamis sorenya belum ada. Jadi dugaan saya, "pemakuan" dilakukan pada Kamis malam.

Sungguh, secara pribadi saya mengecam tindakan itu. Terus terang, saya tidak menaruh simpati sedikit pun terhadap oknum yang berbuat demikian. Saya lihat, pohon-pohon tersebut sampai-sampai mengeluarkan getahnya akibat dipaku. Seolah-olah mereka menangis atas perlakuan tersebut.

Maka, Jumat siang itu saya menyuruh pegawai saya mencabut ketiga gambar tersebut. Ampun! Ternyata paku yang dipakai ada yang sepanjang 3 inci, menusuk begitu dalam ke badan pohon itu!

Hati saya sangat sedih dan kecewa melihatnya! Untuk mengeluarkan paku yang menancap itu pun sangat sulit dan memakan waktu lama, sampai-sampai permukaan pohon rusak berlobang. Bayangkan, seandainya Anda yang dipaku sedemikian!

Saya dengan ini (saya yakin warga Medan lainnya juga sependapat dengan saya) menghimbau agar untuk tujuan promosi diri tersebut jangan lagi mengorbankan pohon-pohon pelindung di tepi jalan! Bukankah mereka juga makhluk bernyawa hasil ciptaan Tuhan? Mereka juga berhak hidup secara wajar! Bedanya dengan manusia adalah mereka tidak bisa bicara!

Tolonglah bapak-bapak caleg yang terhormat, gunakanlah wadah lain untuk promosi. Pokoknya jangan lagi menjadikan pohon-pohon sebagai tempat promosi Anda!

KIMUN SATRIA
Jl.Krakatau Ujung-Medan

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

10 Day Club

on Yahoo! Groups

Share the benefits

of a high fiber diet.

.

__,_._,___

No comments: