25 January 2009

[sobat-hutan] Sumbar Dikepung 106 Titik Api

Riau Pos
Sabtu, 24 Januari 2009
 
Sumbar Dikepung 106 Titik Api
Asap Kiriman dari Sumatera dan Thailand
 
 

PADANG (RP) - Kawasan Kabupaten Limapuluh Kota, Payakumbuh, Dharmasraya dan Agam, Sumbar saat ini tercatat dikepung kabut asap. Badan Meteorologi Geofisika (BMG) mencatat ada sekitar 106 titik api yang berada di Sumatera.
 
Riau termasuk daerah yang memberikan sumbangan kabut asap kiriman ke Sumbar selain Jambi dan Lampung. Asap juga diperkirakan kiriman dari negara tetangga seperti Thailand, Vietnam dan Kamboja.

''Titik api di Sumbar sudah tidak terpantau lagi, beberapa hari lalu memang ada delapan, tapi sudah padam karena hujan beberapa hari lalu, namun yang harus diwaspadai adalah kabut asap dari daerah lain dan luar negeri," kata Amarizal, Kasi Informasi dan Observasi Badan Meteorologi dan Geofisika Stasiun Tabing Padang, Jumat (23/1). Dikatakan, pihaknya menduga bahwa kiriman asap dari luar negeri itu bisa dipantau dan dihubungkan dengan datangnya arah angin.

''Dari pantauan kami di BMG, hari ini terlihat ada 500 titik api di Vietnam, Thailand dan Kamboja, kemungkinan kabut asap di sini juga berasal dari sana karena arah angin datang dari utara dan timur laut," kata Amarizal.

Dikatakan, tiga hari terakhir beberapa daerah di Sumatera Barat diselimuti kabut asap. Di Kota Padang, misalnya, kabut asap terlihat tebal pada pagi hari dan udara terasa lebih panas.  Namun, jarak pandang masih normal, yaitu di atas 5 kilometer. ''Memang di Kota Padang sudah terlihat berkabut, namun setakat ini tidak mengganggu,'' katanya. Meski demikian, Amarizal tetap mengimbau masyarakat jangan menambah titik api dengan membakar lahan, misalnya membakar jerami usai panen padi di sawah juga berpotensi menyebabkan kabut asap.(int/azf)

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

Yahoo! Groups

Cat Group

Join a group for

people who love cats

.

__,_._,___

No comments: