25 January 2009

[sobat-hutan] Riau Siaga Satu Kabut Asap

 
Riau Siaga Satu Kabut Asap

Pekanbaru, 23 Januari 2009 14:36
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari titik api dan menimbulkan kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Riau, mengakibatkan provinsi itu berstatus siaga satu.

"Provinsi Riau siaga satu kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, Fadrizal Labay, di Pekanbaru, Jumat.

Fadrizal menjelaskan, kesepakatan diberlakukannya status siaga satu dimaksudkan, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kabut asap yang kian memprihatinkan.

Antisipasi itu dilakukan dengan menurunkan tim pemadaman yang di antaranya terdiri atas anggota dari dinas atau badan terkait dan polisi pamong praja.

Status siaga itu juga telah mendorong Gubernur Riau, Rusli Zainal, meminta seluruh pihak terkait segera mengatasi kebakaran hutan.

Bahkan Gubernur Riau telah menyurati seluruh bupati dan walikota yang ada di Riau untuk berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengatasi terjadinya kebakaran hutan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan terakhir satelit NOAA 18 pada Kamis (22/1) terpantau adanya 142 titik api yang tersebar di sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, Rahman Siddik, mengatakan titik api yang paling banyak terdapat di Kabupaten Pelalawan sebanyak 80 titik api, Bengkalis (36), Indragiri Hilir (26), dan Siak (4).

Kebakaran telah menghanguskan sedikitnya 1.450 hektare (ha) hutan dan lahan di Provinsi Riau dalam sepekan terakhir.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Bengkalis dengan luas sekitar 800 ha, Dumai (300 ha), Siak (200 ha) dan Pelalawan (150 ha).

Sedangkan luas lahan dan hutan yang terbakar di Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir, hingga kini masih dalam proses penghitungan.

Banyaknya titi api tersebut membuat seluruh wilayah di Riau diselimuti kabut asap, tidak terkecuali di ibukota Provinsi Riau, Kota Pekanbaru.

Hingga berita ini diturunkan, kabut asap masih menyelimuti Kota Pekanbaru sehingga langit menjadi mendung seperti akan turun hujan.

BMG Kota Pekanbaru memastikan bahwa langit terlihat mendung, bukan karena akan turun hujan melainkan karena kabut asap menyelimuti hampir seluruh wilayah Kota Pekanbaru. [TMA, Ant]

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Odd News

You won't believe

it, but it's true

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

Y! Groups blog

The place to go

to stay informed

on Groups news!

.

__,_._,___

No comments: