21 January 2009

[sobat-hutan] Harimau Sumatra Tersisa Seekor

Refleksi: Dirgahayu NKRI!
 
 
 
 
Harimau Sumatra Tersisa Seekor

Istimewa

Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) terancam punah.


[PADANG] Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae), diprediksi, kini hanya tinggal seekor pada habitatnya seluas 300 hektare lagi, sehingga satwa langka tersebut kondisinya makin terancam punah. Ancaman tersebut bisa terjadi antara lain akibat terjadinya, konflik satwa langka itu dengan manusia terkait perburuan liar, salah jerat atau terperangkap jerat babi, serta pembukaan hutan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar), Indra Arinal di Padang, Sabtu (17/1), mengatakan hal itu terkait evaluasi sepanjang 2008 di Sumbar, tercatat seekor harimau sumatra yang mati dan tiga orang warga meninggal akibat diterkam harimau tersebut. Menurutnya, harimau melakukan perlawanan dengan manusia lebih dikarenakan habitatnya terfragmentasi dengan aktivitas pertanian dan perkebunan sawit serta cokelat.

"Berkurangnya luas habitat mereka, telah memicu terjadinya konflik antara satwa langka tersebut dan penduduk yang bermukim di sekitar kawasan hutan itu, " katanya.

Dia mengatakan, maraknya pembukaan kawasan dan pemotongan jalan perkampungan bagi perkebunan sawit dan kakao berdampak pada habitat harimau sumatra itu makin kecil.

Untuk tiga ekor harimau dengan luas hutan yang terpotong, jelas sangat sempit bagi harimau itu untuk hidup sehingga dapat memicu konflik dengan penduduk.

BKSDA Sumbar mencatat, sepanjang 2008, selain harimau sumatra, satwa dilindungi lainnya yang juga terancam punah adalah beruang sumatra, tapir sumatra, dan penyu sumatra yang memerlukan perhatian serius dari pemerintah dan masyarakat untuk melindunginya. [Ant/E

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Yahoo! Groups

Going Green Zone

Resources for a greener planet.

Resources for a greener you.

.

__,_._,___

No comments: