27 January 2009

[sobat-hutan] balasan menghadapi komplik gajah dan manusia

 salam lestari

permasalahan gajah sudah ada sejak dulu, tapi dampak yang muncul tidak se nyata sekarang ini.

dulu mengusir gajah cukup hanya dengan meriam bambu, dan berpeilaku sopan santun terhadap satwa apa saja jenisnya, dengan memahami adat istiadat di kawasan hutan tertentu akan mengurangi resiko komplik manusia dan satwa.

sekarang ini kawasan jelajah manusia sudah memasuki area jelajah gajah/satwa lainnya, terjadi penyerobotan yang tidak seimbang. wajar kalau satwanya marah, wong kita manusia aja kalau di usik sediakit aja akan marah, apalagi di usir mau bajok-bajokan.

perlu solusi untuk menghadapi komplik ini. satu hala yang baik mencari jalan keluar yang arif dan bijaksana. karena bumi ini tidak akan seimbang berputarnya bila di huni oleh manusia semua, itu artinya serakah. he e e e e e e

temuan yang baik salah satu jenis tumbuhan bisa menghindari perhatian gajah seperti sere. tidak salah bila mencoba juga dengan tanaman tumbuhan lainnya seperti nilam, yang mamiliki aroma khas

bisa juga di praktekkan untuk melakukan penanaman sere dan nilam sebagai pengganti pagar atau di tanami seling dengan pagar, sebagai salah satu penanggulangan komplik gajah dan manusia tanpa harus merugikan siapapun, apakah manusia atauapun gajah, cukup baik juga untuk menghindari korban dari kedua belah pihak.

terima kasih masukannya

semoga sukses selalu

salam
bali


Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail. br> Cepat sebelum diambil orang lain!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Support Group

Lose lbs together

Share your weight-

loss successes.

.

__,_._,___

No comments: