15 November 2008

[sobat-hutan] Zaki Yamani - Re: [mediacare] Pemimpin Harus Baca Karya Wartawan

 
----- Original Message -----
From: Sunny
Sent: Monday, November 17, 2008 3:31 AM
Subject: [mediacare] Pemimpin Harus Baca Karya Wartawan

 
 
Pemimpin Harus Baca Karya Wartawan
Minggu, 16 November 2008 , 00:04:00

TOKYO, (PRLM).- Peran jurnalisme dalam isu pembangunan lingkungan hidup, pemerintahan, ketersediaan infrastruktur, dan kerja sama regional akan signifikan pada masa kini dan mendatang. Selama ini, semua isu tadi lebih banyak dibahas di tingkat elite. Peran wartawan akan sangat vital untuk menyampaikannya secara lebih luas kepada publik.

Demikian intisari workshop "Jurnalisme Pembangunan" yang digelar di Kantor Institut Bank Pembangunan Asia di Kasumigaseki Building Tokyo Jepang, Senin-Kamis (10-13/11). Dalam workshop tentang jurnalisme dan pembangunan itu dijelaskan, media dengan bentuk yang lebih variatif, termasuk internet, akan semakin gencar menyebarluaskan isu-isu tersebut.

Workshop diikuti 35 wartawan dari 13 negara Asia-Pasifik yang didominasi oleh wartawan India, Pakistan, dan Filipina. Para peserta workshop adalah finalis Developing Asia Journalism Award (DAJA) 2008. Wartawan Pikiran Rakyat Zaky Yamani merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia dan meraih Developing Asia Journalism Award (DAJA) untuk kategori lingkungan. Penganugerahan penghargaan digelar di Foreign Correspondents' Club di Tokyo, Jumat (14/11) malam.

"Seharusnya para pemimpin yang sekarang bertemu di G-20 di AS membaca karya-karya yang dihasilkan wartawan-wartawan Asia agar mereka dapat berkaca bahwa krisis ekonomi di AS terjadi hanya karena pola konsumsi dan perilaku segelintir orang perbankan," kata Anthony Rowley, Ketua Dewan Juri DAJA 2008.

"Lihat karya-karya ini, mereka akan tahu bagaimana sulitnya hidup menjadi orang Asia. Negara yang banyak dimonopoli negara maju dan konstan dalam kesulitan ekonomi. Apa yang terjadi di AS belumlah apa-apa bila dibandingkan dengan kondisi Asia selama ini," ujarnya menambahkan.

DAJA adalah penghargaan tahunan atas hasil karya terbaik para wartawan di negara Asia-Pasifik oleh Asian Development Bank (ADB) Institute sejak 2004 lalu. Terdapat empat kategori dalam penghargaan itu, yakni lingkungan hidup, pemerintahan, infrastruktur, dan integrasi regional. Selain Anthony Rowley, tiga juri lainnya adalah Yoshio Murakami, Suvendrini Kakuchi, dan Monzurul Huq. (A-132/A-124/A-147)***

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Yahoo! Groups

Everyday Wellness Zone

Check out featured

healthy living groups.

.

__,_._,___

No comments: