13 November 2008

Re: [SPAM] Bls: [sobat-hutan] Kelompok Religius Tolak Tambang di Flores



 
Bagus!
 
----- Original Message -----
Sent: Tuesday, November 11, 2008 2:12 PM
Subject: [SPAM] Bls: [sobat-hutan] Kelompok Religius Tolak Tambang di Flores

RIAU PROTEC FOREST
perlindungan terhadap kawasan hutan Riau terus dilakukan.



Dari: Sunny <ambon@tele2.se>
Kepada: Undisclosed-Recipient@yahoo.com
Terkirim: Rabu, 12 November, 2008 20:05:08
Topik: [sobat-hutan] Kelompok Religius Tolak Tambang di Flores

 
 
Kelompok Religius Tolak Tambang di Flores

[JAKARTA] Komisi Justice, Peace and Integrity of Creation (JPIC) Keuskupan dan Tarekat Sedaratan Flores dan Lembata menolak kehadiran perusahaan-perusaha an tambang di daratan Pulau Flores, Lembata, dan pulau-pulau sekitarnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran mereka tidak akan menyejahterakan masyarakat, sebaliknya hanya akan menyengsarakan mereka dan merusak lingkungan.

"Pertambangan bukan pilihan tepat, baik dari sisi strategi, model, maupun urgensi pembangunan di wilayah Flores, Lembata, dan pulau-pulau sekitarnya," kata Direktur Eksekutif JPIC OFM, Dr Peter Aman OFM dalam pernyataan sikap bersama Komisi JPIC Keuskupan dan Tarekat Religus Sedaratan Flores kepada SP, di Jakarta, Senin (10/11).

Mereka mengadakan semiloka di Detusoko, Kabupaten Ngada, NTT pada 6-9 November lalu. Pernyataan sikap itu juga antara lain ditandatangani Dosen Sekolah Tinggi Teologi Filsafat Ledalero Maumere, Otto Gusti Madung SVD.

Mereka menuntut pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mencabut izin kuasa pertambangan yang telah diberikan pada perusahan-perusahan yang sekarang beroperasi di Flores, Lembata dan pulau-pulau sekitarnya.

"Menuntut pemerintah dan pemerintah daerah, menghentikan kegiatan perusahaan pertambangan yang sekarang beroperasi dan melakukan reklamasi (pemulihan lingkungan yang sudah hancur) akibat eksploitasi pertambangan dan memberi ganti rugi yang adil kepada masyarakat yang dirugikan akibat penambangan, " ujar dosen moral Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STF) Jakarta itu.


Optimalkan

Pemerintah dan pemerintah daerah juga diminta menjamin kesejahteraan rakyat dengan mengoptimalkan potensi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Flores, Lembata dan pulau-pulau sekitarnya dengan melibatkan mereka sebagai pelaku pembangunan. Sehubungan dengan itu mereka meminta pemerintah dan pemerintah daerah untuk tidak memberi izin kuasa pertambangan baru pada perusahan-perusahan tambang.

Pada bagian lain, mereka meminta agar isu ekologi dijadikan sebagai salah satu isu sentral dalam politik dan kebijakan publik di Pulau Flores, Lembata, dan pulau-pulau sekitarnya searah dengan gerakan dan tuntutan masyarakat global sekarang.

Penolakan kehadiran perusahan-perusahan tambang itu karena pertambangan tidak relevan dan koheren dengan kondisi nyata geologi, serta topografi Pulau Flores, Lembata, dan pulau-pulau sekitarnya dan kehidupan sosial-budaya, serta ekonomi masyarakatnya yang berbasis pertanian, perikanan dan kelautan. Pertambangan sebagai strategi dan model pembangunan untuk masyarakat setempat sangat kontraproduktif dan menghancurkan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat di wilayah itu.

Lebih dari itu, pertambangan hanya memberikan keuntungan, terutama untuk korporasi. "Masyarakat hanya menerima remah-remah keuntungan ekonomis, sambil mewarisi tanah dan laut yang sudah hancur secara permanen dan tidak lagi produktif untuk pertanian dan perikanan sebagai tumpuan dasar hidup mereka selanjutnya, serta generasi penerus masyarakat Flores, Lembata, dan pulau-pulau sekitarnya," lanjut Peter.

Kesejahteraan yang dijanjikan perusahaan tambang lebih merupakan suatu mitos atau ilusi yang membius masyarakat untuk menyerahkan tanah dan bukan kesejahteraan dan perbaikan hidup secara nyata, menyeluruh, dan berkelanjutan.
[120/A-21]



Yahoo! sekarang memiliki alamat Email baru
Dapatkan nama yang selalu Anda inginkan di domain baru @ymail dan @rocketmail. br> Cepat sebelum diambil orang lain!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Get in Shape

on Yahoo! Groups

Find a buddy

and lose weight.

.

__,_._,___

No comments: