06 October 2008

[sobat-hutan] (Bag 1) Uploading, Searching dan Wiki Networking

Perkakas Pembelajaran dan Perubahan Sosial

Hari-hari belakangan ini saya sedang memusatkan perhatian untuk membaca 3 buku menarik khususnya untuk mempelajari dan memahami pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dan implikasinya bagi kehidupan kita. Buku pertama adalah karangan Thomas L Friedman "The World is Flat : Sejarah Ringkas Abad ke 21, kedua buku karangan John Battelle "The Search : Bagaimana Google dan para pesaingnya Mengubah Aturan Bisnis dan Kebudayaan Kita" dan terakhir adalah "Wikinomics' karangan Don Tapscott dan Anthony D. Williams".


Di dalam proses 'pembelajaran' ini saya menemukan seri tulisan seorang pakar marketing ternama Hermawann Kertajaya di kompas.com (pada tanggal 1 Oktober tulisan Hermawan telah mencapai bagian ke 33 dari rencana seratus artikel). Seri 100 artikel tersebut bertajuk New Wave Marketing.

Artikel pertama Hermawan berjudul The World is still Round, the Market is already Flat". Artikel selain sebagai pembuka seri tulisan New Wave Marketing juga merupakan respon penulis terhadap karya Thomas L. Friedman.

Yang saya tangkap dari artikel-artikel Hermawan, New Wave Marketing adalah sebuah antisipasi terhadap fakta pendataran pasar (the market is already flat). Salah satu pendataran itu dilakukan oleh teknologi informasi dan komunikasi.

Seperti yang dipaparkan dalam artikel kedua Hermawan kini adalah eranya web 2. Dimana "Internet menjadi bersifat interaktif dan dinamis. Orang jadi bisa lebih mudah mengekspresikan dirinya, melakukan networking, membentuk komunitas, berkolaborasi, berpartisipasi dalam sebuah kegiatan, dan banyak lagi. Teknologi yang ada memungkinkan setiap orang jadi punya kesempatan yang sama, bukan hanya milik sekelompok orang tertentu".

Web 2 ini kemudian membuka kemungkinan baru dalam hubungan marketer dan customer. Hermawan memaparkan bahwa melalui Web 2 bukan "cuma bersifat One-to-Many atau One-to-One, tapi sudah bersifat Many-to-Many. Karena itulah, pasar menjadi datar. Artinya, tidak ada perbedaan status antara Marketer dan Customer. Marketer dan Customer sama rata. Marketer sudah berbaur dengan Customer-nya".

Dan sesungguhnya juga punya potensi merubah pola hubungan hirarkis, bersekat-sekat, dikotomis, apapun itu atau dilapangan manapun, menjadi hubungan yang lebih horisontal, partisipatif dan kolektif.

Sebenarnya concern saya yang utama bukanlah pada sisi bisnis, marketing atau komersial tetapi lebih kepada bagaimana era web 2 ini akan membuka kemungkinan perubahan sosial yang lebih luas di arena politik, sosial dan budaya. Atau bagaimana teknologi web 2 ini dapat menjadi perkakas bagi berbagai kelompok gerakan sosial untuk perubahan politik, sosial dan budaya, sekaligus juga sebagai perekat gerakan sosial itu sendiri.


Walaupun hari ini kebanyakan buku-buku dalam bahasa Indonesia yang relevan dengan perkembangan mutahir teknologi informasi dan komunikasi hampir semuanya lebih menitik beratkan pada kepentingan dunia bisnis, marketing dan komersial (maklum saya tidak terlalu menguasai bahasa Inggris). Seperti ke tiga buku yang sedang saya pelajari walaupun ada juga tinjauan pada bidang-bidang lain seperti politik, budaya dan sosial kemasyarakatan.

Namun demikian hal itu tidak menghalangi saya untuk menggeluti ketiga buku tersebut termasuk 100 artikel Hermawan Kertajaya yang sangat menarik, kreatif, inspiratif, kaya dan menyegarkan. Beruntunglah pula saya pernah punya background studi marketing, bergelut di dunia PR dan menjadi reporter sebuah majalah managemen. Tentunya pelajaran dari dunia bisnis ini akan diserap, diolah lebih lanjut dan diaplikasikan untuk bidang yang saya geluti hari ini. Toh juga setiap gagasan untuk perubahan sosial perlu juga memasarkan dan menjual gagasannya. Bahkan kita pun niscaya harus mempelajari 'musuh-musuh' kita.

Saya dengan senang hati akan membagikan proses belajar yang saya jalani kepada siapa saja yang tertarik melalui blog saya. Termasuk berharap bisa belajar dari kawan-kawan yang sudah lebih 'ngeh' dengan soal-soal ini.


selanjutnya.....

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/10/bag-1-uploading-searching-dan-wiki.html



__._,_.___
Yahoo! News

Kevin Sites

Get coverage of

world crises.

Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Yahoo! Groups

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals.

.

__,_._,___

No comments: