21 September 2008

[sobat-hutan] Online Free Buku Bermutu : Pendidikan Popular, Tanpa Tanda Seru, Dusta Industri Pangan, Bacaan Liar

Bila tertarik silah anda nge link saja.

 

salam pembebasan

Andreas Iswinarto

 

 

PENDIDIKAN POPULAR

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/09/buku-online-pendidikan-populer.html

 


Buku ini pada awalnya dirancang berdasarkan pengalaman dalam rangka membantu para fasilitator maupun pelaku penyelenggaraan proses belajar bersama masyarakat. Seyogyanya buku ini tidak perlu dibaca dari awal sampai akhir, Anda bisa memulai dari lembar mana saja, sebab rancangan buku ini memang dimaksudkan hanya berperan sebagai alat bantu proses, mendorong sesuatu yang nyata. Di sisi lain buku ini juga dimaksudkan untuk digunakan sebagai panduan dalam rangka penyelenggaraan proses belajar terutama pada model-model partisipatif—dengan dibantu melalui: pemikiran dan konsep yang detail sesungguhnya buku ini dikhususkan untuk para fasilitator pendidikan rakyat, betapapun tidak menutup kemungkinan bahwa buku ini juga bisa dinikmati sebagaimana buku bacaan lainnya oleh siapa saja.

 

Disunting Oleh : Mansour Fakih, Roem Topatimasang, Toto Rahardjo

 

sumber : www.insist.or.id

 

DUSTA INDUSTRI PANGAN

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/09/buku-online-dusta-industri-pangan.html

 


Buku Dusta Industri Pangan secara rinci memuat sebuah temuan fakta dan membuktikan bahwa sesungguhnya para raksasa agroindustri sama sekali tidak memberi makan dunia. Walaupun buku ini mengulas sepak terjang Monsanto dalam industri pertanian, khususnya industri bio-teknologi, tetapi bukan maksudnya mengatakan bahwa hanya Monsanto-lah yang menyebabkan banyak kekacauan dan kerusakan dunia pertanian dan pangan. Permasalahannya tetap disebabkan oleh kapitalisme dan keserakahannya. Di sini, Monsanto hanya digunakan sebagai salah satu obyek studi kasus, dengan pertimbangan, Monsanto merupakan contoh yang paling ideal dari sepak terjang keserakahan kaum pemodal bidang agro-industri, karena Monsanto selain sebagai perusahaan agro-industri terbesar di dunia, juga sangat agresif dan secara telanjang menerapkan prinsip menghalalkan segala cara.

Buku ini menitikberatkan pada perburuan dalam sektor agrokimia itu. Bagian pertama mengisahkan sejarah Monsanto dan praktek-prakteknya yang perlu dipertanyakan untuk naik ke tingkat raksasa agro-industri. Dalam bagian kedua, dipaparkan kerusakan-kerusakan yang diakibatkan pembangunan pertanian yang melibatkan Monsanto di negara-negara Selatan. Pada bagian ini juga dipaparkan upaya-upaya perlawanan petani selatan untuk mempertahankan kedaulatannya atas pangan dan pertanian yang menjadi tumpuan hidupnya.

Judul Asli:Nourrir le Monde ou L'agrobusiness, Enquete Sur Monsanto
Penulis: Isabelle Delforge
Penerjemah:Sonya Sondakh

 

sumber : www.insist.or.id

TANPA TANDA SERU

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/09/buku-online-tanpa-tanda-seru-refleksi.html

 

Hingga kami benar-benar tak bisa mengerti, mengapa ada bendera-bendera berkibar mengumbar janji akan penyelamatan. Hingga kami benar-benar tak bisa mengerti ketika kami mendengar suara-suara yang bersemangat berbicara tentang kesejahteraan ketika kursi mereka mengepung meja sidang. Apalagi jika kami mendengar teriakan bahwa suara kami bisa membuat kami selamat menuju surga. Ah, surga, itu sesuatu yang jauh di sana , sedang yang kami alami sehari-hari sudah sedemikian mencekik.

Hingga kami benar-benar tak bisa mengerti mengapa kemudian di sebuah pagi, kami harus berbondong-bondong menuju tanah yang agak luas, mengantre untuk kemudian menghadapi sebuah kotak suara dan berbagai lembar kertas berisi foto orang-orang yang tidak kami kenal. Mereka membutuhkan suara kami. Alangkah luar biasanya hidup ini. Tak kenal, tak pernah bersua, tak ada percakapan apalagi kesepakatan, tiba-tiba langit seperti runtuh karena semburan panji-panji dan janji-janji. Kalian siapa? Kemana dan dimana saja kalian selama ini?

Lamat-lamat kami teringat sebuah pelajaran mengaji ketika kami masih kecil dulu. Konon, kata pak Kiai kami, Tuhan membenci orang yang menyekutukannya, tetapi lebih benci lagi golongan orang munafik yang ciri-cirinya ada tiga; jika berkata ia berdusta, jika berjanji tidak pernah dipenuhi dan jika diberi amanat ia ingkar. Dulu, kami merasa belum pernah melihat orang yang berciri seperti itu. Tapi setiap kali kami mendengar janji-janji dan wajah-wajah di televisi, kami merasa.kami merasa..ah, tidak enak.

 

 

BACAAN LIAR : BUDAYA DAN POLITIK PADA ZAMAN PERGERAKAN

http://lenteradiatasbukit.blogspot.com/2008/09/tembok-dan-bunga.html

 

 

 "... More and mores writers will be drawn because of their simpathy with the working people and ideas of socialism, and not because of consideration of gain or personal ambition. It will be a literatur freedom, for instead of serving a few spoiled ladies or the fat and bored "upper ten thousand," it will be written for the millions of working people who a represent country's pride, its strenght and its future."


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Everyday Wellness

on Yahoo! Groups

Find groups that will

help you stay fit.

.

__,_._,___

No comments: