02 September 2008

[sobat-hutan] Korban Lapindo Keracunan Gas, Siapa yang Bertanggungjawab?


Tanpa sengaja, hari ini (3/9) saya membaca artikel di web korban lapindo (www.korbanlumpur.info). Dalam web itu ditulis bahwa akhir-akhir ini beberapa warga yang menjadi korban Lapindo mengalami keracunan gas.

 

Pasangan suami-istri Bapak Yakup dikabarkan meninggal dunia pada bulan April lalu. Hasil pemeriksaan dokter menyebutkan, keduanya meninggal karena sesak nafas akibat menghirup gas beracun.

                                                                                                                  

Selain sepasang suami isteri di atas, ada korban Lapindo lainnya dari warga Siring Barat yang juga keracunan gas. Ia bernama Unin Qoriatul. Hasil pemeriksaan dokter menyatakan bahwa di dalam saluran pernafasannya terdapat cairan yang tampak dalam bentuk bayangan gas. Kini  kondisi kesehatannya terus menurun.

 

Selain di Siring, warga Jatirejo Barat juga mengalami nasib yang sama. Seorang ibu bernama Luluk meninggal dunia pada bulan Maret 2008 lalu. Penyebab kematiannya sama, yakni mengalami sesak nafas akibat menghirup gas beracun di sekitar  rumahnya.

 

Selama ini pemerintah dan Lapindo hanya berkutat pada persoalan jual beli asset korban Lapindo, sementara dampak kesehatan dan lingkungan hidup dari semburan lumpur Lapindo belum atau bahkan tidak pernah menjadi perhatian mereka. Jika dampak lumpur Lapindo tersebut dibiarkan meluas, bukankah hal itu termasuk sebuah tindakan kriminal?

 

Nah, siapa yang bertanggungjawab atas keracunan gas yang dialami oleh para korban Lapindo itu? Apakah pemerintah dan Lapindo dapat dimintai pertanggungjawaban  atas kasus pencemaran gas yang sudah membahayakan kesehatan tersebut? Ataukah kita kembali menjadikan Tuhan sebagai kambing hitam atas seluruh malapetaka lumpur Lapindo dengan mengatakannya bahwa itu adalah bencana alam?


__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Odd News

You won't believe

it, but it's true

New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Groups

Come check out

featured healthy living

groups on Yahoo!

.

__,_._,___

No comments: