25 September 2008

[sobat-hutan] 7,4 Juta Hektare Lahan Kalteng Bermasalah...????

7,4 Juta Hektare Lahan Bermasalah
Jumat, 26-09-2008 | 00:30:18

PALANGKA, BPOST - Para kepala daerah di Kalimantan Tengah diminta berhati-hati melepaskan lahan untuk perkebunan kelapa sawit, akibat belum kelarnya usulan rencana tata ruang wilayah (RTRWP) di provinsi ini.

Anggota Komisi IV Bidang Kehutanan DPR RI asal Kalteng, Rusnain Yahya, mengatakan, masalah RTRW Kalteng hingga kini masih belum clear. Masalah tersebut kini masih dikaji oleh Tim Departemen Kehutanan dan Komisi IV DPR RI.

Menurut dia, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi masih melakukan pemaduserasian terhadap peraturan daerah Kalteng dengan Keputusan Menteri Kehutanan tentang penunjukan areal hutan di wilayah Kalteng seluas 15.300.000 hektare.

Rusnain mengatakan, dari pemaduserasian tim tersebut, diketahui lahan seluas 7,4 juta hektare yang diajukan masih bermasalah karena terjadi tumpang tindih. Sedangkan 7,6 juta hektare lainnya dinyatakan tidak bermasalah.

"Pelepasan lahan pada kawasan yang tidak bermasalah tidak akan menjadi hambatan bagi kepala daerah untuk mengeluarkan izin bagi investor, tetapi bila bupati atau gubernur melepaskan lahan pada kawasan yang bermasalah, tentu akan membahayakan kepala daerah itu sendiri," ujarnya.

Tokoh Partai Persatuan Pembangunan Kalimantan Tengah ini menegaskan, para bupati agar tidak gegabah melepaskan lahannya sebelum adanya kejelasan terkait dua aturan tersebut.

"Jika telah dilakukan pemaduserasian, silakan memberikan izin operasional pada kawasan yang tidak bermasalah," ujarnya.

Sementara itu, rencana investasi keluarga kerajaan Yaman yang akan membuka lahan perkebunan sebanyak satu juta hektare dengan nilai investasi mencapai Rp 5 triliun di Kalteng tidak dapat dipenuhi sepenuhnya oleh pemerintah setempat.

Pasalnya, dari satu juta hektare lahan yang diperlukan, termasuk untuk membangun sepuluh pabrik pengolahan minyak kelapa sawit di Kalteng, hanya 375 ribu haktare lahan yang dinyatakan tidak bermasalah dan siap dilepas untuk investor tersebut. (tur)


New Email names for you!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___

No comments: