26 September 2008

[sobat-hutan] 25 Anggota DPR Diduga Terima Suap Rp 5 Miliar

Refleksi: Bagus sekali ada rejeki, jadi adalah pantas sekali dikatakan bahwa DPR adalah juga selain Dewan Penipu Rakyat, tentu sebagai penipu bisa seperti bunglon menjadi  Dewan Penadah Rejeki. Dirgahayu NKRI!
 
Jawa Pos
Jum'at, 26 September 2008
 
25 Anggota DPR Diduga Terima Suap Rp 5 Miliar
Terkait Pelepasan Hutan Lindung Tanjung Api-Api


JAKARTA - Dugaan suap terhadap wakil rakyat kembali terungkap. Sedikitnya 25 anggota Komisi IV DPR periode 2004-2009 diduga pernah menerima uang terkait pelepasan kawasan hutan lindung Tanjung Api-Api (Pantai Air Telang), Sumatera Selatan.

Mereka menerima jatah bervariasi. Mulai Rp 25 juta hingga Rp 775 juta. Fakta itu semakin menambah panjang kasus bagi-bagi uang yang berindikasi suap di gedung wakil rakyat tersebut. Sebelumnya, mantan anggota DPR Hamka Yandhu pernah membeber bagi-bagi uang senilai Rp 31,5 miliar dari Bank Indonesia. Juga Agus Condro yang menyebut rekan-rekannya di Komisi IX DPR periode 1999-2004 menerima cek perjalanan setelah pemilihan deputi gubernur senior Bank Indonesia yang dimenangkan Miranda Goeltom.

Adalah Sarjan Tahir, anggota Komisi IV DPR periode 2004-2009 yang mengungkap keterlibatan 25 nama itu dalam kasus dugaan suap proyek Tanjung Api-Api. Sarjan kemarin disidangkan di Pengadilan Tipikor dalam kasus tersebut.

Jaksa penuntut umum (JPU) Mochamad Rum yang membacakan surat dakwaan membeberkan keterlibatan para wakil rakyat serta jumlah uang yang diterima sebagai tanda ''terima kasih". Dalam kasus itu, ada dua tahap pembagian dana. Tahap pertama, sekitar Oktober 2006, Sarjan menerima uang dari pengusaha Chandra Antonio Tan sekitar Rp 2,5 miliar. Chandra merupakan investor pembangunan proyek Pelabuhan Tanjung Api-Api.

Uang tersebut kemudian dibagi-bagikan. Sarjan mendapat Rp 150 juta, Yusuf Emir Faishal Rp 275 juta, Hilman Indra Rp 175 juta, Azwar Chesputra Rp 325 juta, dan Fachri Andi Leluasa Rp 175 juta. Sisanya diserahkan kepada 17 nama (lihat grafis).

Jaksa menyebutkan, kasus itu bermula dua tahun lalu. Saat itu Sarjan memperoleh informasi bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mengajukan surat kepada Menteri Kehutanan untuk pelepasan hutan lindung Pantai Air Telang. Namun, setelah berbulan-bulan, surat itu belum juga direspons. ''Ini karena belum ada tanggapan dari parlemen,�'' jelas Rum.

Sarjan pun mengadakan pertemuan dengan sejumlah anggota Komisi IV. Ketika itu Yusuf Erwin (anggota Komisi IV) meminta Sarjan menjadi penghubung antara Komisi IV dan Pemprov Sumsel. Sarjan juga bertugas menanyakan kompensasi yang akan diberikan kepada Komisi IV mana kala proses tersebut berhasil.

Karena permintaan itu, Sofyan Rebuin, mantan Sekda Sumsel yang juga menjabat direktur pengembangan Tanjung Api-Api menghubungi Syahrial Oesman, gubernur saat itu dan bertemu Chandra Antonio Tan. Chandra adalah direktur PT Chandratex Indo Artha yang akan menggarap pembangunan jalan Palembang-Tanjung Api-Api. ''Terdakwa kemudian menghubungi Sofyan Rebuin agar disediakan dana Rp 5 miliar,'' jelas jaksa. Rupanya, Chandra menyetujui dana tersebut dan akan menyerahkannya dalam dua tahap dalam bentuk Mandiri Traveller Cheque (MTC) dan BNI Cek Multi Guna (CMG).

Sebelum persetujuan DPR turun, para wakil rakyat tersebut sempat mengadakan kunjungan kerja ke Pemprov Sumsel. Kunjungan itu merupakan tindak lanjut atas usul pelepasan hutan lindung tersebut. Ketika itu Gubernur Sumsel Syahrial Oesman juga sempat memaparkan pentingnya pembangunan Pelabuhan Samudera Tanjung Api-Api. Pertemuan itu berlangsung di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Saat pulang, Sarjan kembali menerima Rp 170 juta dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum Darna Dachlan. Uang itu dibagi-bagikan lagi kepada sepuluh anggota DPR lain.

Selanjutnya, Juni 2007, Sarjan kembali mengontak Sofyan. ''Dia meminta pelunasan uang Rp 2,5 miliar yang sempat dijanjikan,'' jelasnya. Dana itu juga dibagi-bagikan kepada sejumlah anggota DPR.(git/nw

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Cat Groups

on Yahoo! Groups

Share pictures &

stories about cats.

.

__,_._,___

No comments: