26 May 2008

[sobat-hutan] Tiga hari Pasca Kenaikan BBM

Banyak orang hilang nafkahnya…
Aku bernyanyi menjadi saksi….
Banyak orang dirampas haknya….
Aku bernyanyi menjadi saksi
(Kesaksian, Iwan Fals-Kantata Takwa)

 
Apa yang terjadi di masyarakat setelah 3 (tiga) hari kenaikan BBM? Dan apa kata Bank Dunia?
 
  1.  (Kompas, 27 Mei 2008) Pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, melayani pembeli dagangannya, Senin (26/5). Semenjak kenaikan harga bahan bakar minyak, harga sayuran di pasar-pasar tradisional mulai merangkak naik. Misalnya tomat, yang sebelumnya dijual Rp 4.000 per kilogram menjadi Rp 5.000 per kilogram, sedangkan cabai merah yang semula Rp 15.000 per kilogram menjadi Rp 18.000 per kilogram.
  2. (Kompas, 27 Mei 2008) Semarang, Kompas - Sebagian nelayan Kampung Tambaklorok, Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai berhenti mencari ikan sejak hari Sabtu (24/5) setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. Mereka tidak mampu menutup biaya operasional melaut yang naik hingga 50 persen
  3. (Kompas, 27 Mei 2008) Serang, Kompas - Tiga hari terakhir, harga minyak tanah di tingkat eceran di sejumlah daerah di Kota Serang, Banten, mencapai Rp 4.000 per liter. Meski demikian, hingga Senin (26/5) sore, Pemerintah Provinsi Banten belum juga menetapkan harga eceran tertinggi untuk minyak tanah.
  4. (Kompas, 27 Mei 2008) Jakarta, Kompas - Empat hari terakhir, warga DKI Jakarta sulit mendapatkan gas isi ulang 3 kilogram. Beberapa pangkalan gas tidak lagi memiliki persediaan dengan alasan tidak mendapat pasokan dari Pertamina. Akibatnya, harga isi ulang bahan bakar program konversi energi ini naik dari Rp 15.000 menjadi Rp 16.000.
  5. (Koran TEMPO, 27 Mei 2008) Bandung - Melonjaknya harga-harga barang kebutuhan masyarakat di Jawa Barat pascakenaikan harga bahan bakar minyak diperkirakan hanya 3-5 persen. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Agus Gustiar mengatakan kenaikan harga itu sebagian besar di pasar tradisional.
  6. (Koran TEMPO, 27 Mei 2008) Seorang remaja berusia 17 tahun, Fikri Adriansyah, ditemukan tewas tergantung di sebuah pos hansip di Pademangan Barat, Jakarta Utara, kemarin. Malam sebelumnya, Fikri sempat menyampaikan keinginannya untuk melanjutkan sekolah. Namun, keinginan itu tidak bisa terpenuhi karena ayahnya tidak sanggup membiayai.
  7. (Koran TEMPO, 27 Mei 2008) Pasokan gas untuk kebutuhan rumah tangga terhenti di sejumlah agen di kawasan Jakarta Pusat. "Sudah empat hari tidak ada pasokan dari distributor," kata Isdiyanto, penjual eceran gas di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat, kemarin.
  8. (Koran TEMPO, 27 Mei 2008) Kenaikan harga minyak sebesar 28,7 persen bakal mendongkrak harga rumah tipe sederhana, rumah susun, ataupun rumah mewah naik 15-30 persen. Sebab, kenaikan harga minyak juga turut mengangkat harga bahan bangunan.
 
Dan, inilah kata Bank Dunia menanggapi kenaikan BBM di Indonesia.
 
Keputusan menaikkan harga BBM itu disambut positif oleh Bank Dunia. Menurut Joachim von Amsberg, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, kenaikan harga BBM sebesar 28,7 persen cukup kompatibel dengan anggaran. "Anggaran pemerintah menjadi lebih terjaga dan berkelanjutan," katanya di Jakarta kemarin. (Koran TEMPO, 27 Mei 2008)
 
Terbuka sudah sebuah fakta, bahwa para komprador (kaki tangan asing) memang sedang memimpin negeri ini dan berlahan-lahan tapi pasti mulai menghisap darah rakyatnya sendiri…
 
...Di jalanan kami sandarkan cita-cita....
(Bongkar, Iwan Fals-Swami)
 
 

__._,_.___
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Yahoo! Groups

Dog Zone

Connect w/others

who love dogs.

Yahoo! Groups

Familyographer Zone

Learn how to take

great pictures.

.

__,_._,___

No comments: