29 May 2008

[sobat-hutan] Perusahaan Korea Garap Hutan Indonesia

 

Perusahaan Korea Garap Hutan Indonesia
Kamis, 29 May 2008 | 20:25 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Menteri Kehutanan MS Kaban dan Menteri Kehutanan Korea Ha Young Je menandatangani memo kesepahaman untuk kerja sama investasi bidang kehutanan. Agenda kesepahaman tersebut meliputi investasi di lahan seluas 500 ribu hektar untuk hutan tanaman dan investasi industri bio energi serta reboisasi hutan.

500 ribu hektar lahan tersebut tersebar di Kalimantan, Papua, dan Jawa. Saat ini sudah 123 ribu hektar lahan yang sudah terealisasi di wilayah Kalimantan dan Papua. Tiga perusahaan yang saat ini bersiap untuk berinvestasi di lahan tersebut, koorporasi hutan Korea bekerja sama dengan Perhutani, PT Inni Joa, dan PT Tai Young Engreen.

Chief Executive Officer PT Inni Joa, Shin Myung Eob mengatakan, investasi di Indonesia nilainya mencapai US$ 70 juta. Luas lahan yang telah disiapkan sebesar 28-30 ribu hektar. "Kami berencana menanam karet dan tumbuhan unggul lainnya," ujarnya kepada Tempo, Kamis (29/5).

Sedangkan PT Tai Young Engreen menanamkan investasinya sebesar US$ 100 juta. Mereka akan menanam tumbuhan untuk bahan baku bubur kertas dan kayu.

Kaban mengatakan, kerja sama ini sudah dimulai sejak dua tahun lalu. Namun realisasinya baru bisa terlaksana dua tahun kemudian. Alasannya, pihak Korea meminta lahan yang clean and clear. "Kami terus mengusahakan untuk lahan tersebut agar tidak timbul masalah dikemudian hari," ujarnya.

Menteri Kehutanan Korea Ha Young Je berharap agar 370 ribu hektar lahan dapat segera terealisasi. Rencananya sebesar seribu hektar ada di Papua, 125 ribu hektar berada di Kalimantan Timur, 133 hektar di Maluku, dan 13 ribu hektar di Jawa. Selain itu pihak Korea juga memberikan dana bantuan sebesar US$ 5 juta untuk panel proyek penelitian kehutanan.


FANNY FEBYANTI

__._,_.___
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

Yahoo! Groups

Discover healthy

living groups and

live a full life.

All-Bran

Day 10 Club

on Yahoo! Groups

Feel better with fiber.

.

__,_._,___

No comments: