08 May 2008

[sobat-hutan] (Jelang Dua Tahun Lapindo) Dan SBY pun Tunduk Pada Lapindo.....

Presiden: Kasus Lumpur Lapindo adalah Bencana

detikcom
23 November 2006

Luhur Hertanto - detikcom
Jakarta - Luapan lumpur Lapindo yang semakin menjadi-jadi hingga terjadinya ledakan pipa gas dianggap serius oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menyatakan rangkaian kejadian tersebut sebagai bencana.
"Yah ini jadi sudah disaster. Jadi negara harus mulai ikut memikirkan ini," kata Menteri ESDM Poernomo Yosgiantoro mengutip ucapan SBY, usai sidang kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/11/2006).
Pernyataannya tersebut merupakan keputusan hasil rapat kabinet terbatas yang membahas situasi terakhir di Porong, Sidoarjo. Rapat diikuti oleh Wapres Jusuf Kalla, Menneg Lingkungan Hidup (Menneg LH) Rachmat Witoelar, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Ketua Timnas Lumpur Sidoarjo Basuki Hadimuljono, Gubernur Jatim Imam Utomo, Pangdam Brawijawa Syamsul Mappareppa dan Kapolda Jatim Herman.
Tidak jelas benar maksud dari penepatan sebagai 'bencana' dan 'pelibatan negara' di atas. Apakah itu berarti Pemerintah akan mengambil alih tanggung jawab penanggulangan dan penanganan dampak semburan lumpur dari PT Lapindo layaknya musibah yang statusnya bencana nasional.
Purnomo tidak memberikan jawaban yang konkrit saat dikonfirmasi mengenai hal itu. "Kita jabarkan nanti. Akan kita bicarakan dengan Bakornas sebagai tindak lanjut dari petunjuk Presiden. Lapindo masuk tim kita dan sudah bersama-sama ikut dalam rapat," ujarnya.(lh/fjr)


Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

__._,_.___
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Featured Y! Groups

and category pages.

There is something

for everyone.

.

__,_._,___

No comments: