08 May 2008

[sobat-hutan] (Jelang Dua Tahun Lapindo) Aburizal Bakrie Bela Lapindo

KCM/Jumat, 16 November 2007 - 14:48 wib
http://www2.kompas.com/ver1/Nasional/0711/16/144841.htm

 
Ical Bantah Jaksa Agung Nyatakan Lapindo Kejahatan Lingkungan


JAKARTA, KOMPAS - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakri yang akrab disapa Ical, membantah pernyataan Jaksa Agung Hendarman Supandji tentang kasus lumpur Lapindo yang dapat dikategorikan sebagai kejahatan atau tindak pidana oleh Perseroan Terbatas (PT), sehingga pelakunya tidak hanya bisa dituntut secara perdata akan tetapi juga pidana, mengingat telah menyebabkan kerusakan lingkungan hidup.
"Saya kira tidak ada Jaksa Agung ngomong seperti itu," tandas Ical, saat ditanya pers, seusai mengantar Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla berangkat ke Riyadh, Arab Saudi, untuk menghadiri KTT OPEC, 17-18 November 2007, di Ruang VIP Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (16/11) siang.
Disinggung bahwa Jaksa Agung menyatakan hal itu di sebuah seminar di Jakarta, Kamis (15/11), Ical menjawab, "Tidak ada itu, tidak ada."
Didesak lagi bahwa Jaksa Agung telah memberikan contoh kasus Lumpur Lapindo sebagai bentuk peristiwa yang berdampak luas bagi lingkungan hidup, Ical mengatakan seraya buru-buru masuk ke dalam mobil dinas, "Laporannya tidak begitu (bunyinya)."
Sebagaimana diberitakan hari ini, Hendarman Supandji saat berpidato dalam pembukaan seminar yang digelar oleh Ikatan Advokat Indonesia (IAI), menyebutkan bahwa dalam UU PT yang baru dinyatakan, perseroan yang bidang usahanya berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, (Kompas, 16/11).
Dalam hal kerusakan lingkungan, tambah Hendarman, mencontohkan lumpur Lapindo sebagai peristiwa yang berdampak luas. Menurut Hendarman, tindak pidana oleh pelaku ekonomi atau PT memang berdampak lebih luas daripada kejahatan perseroan.
UU No 4 Tahun 2007 tentang PT memungkinkan permintaan pertanggungjawaban secara langsung atas tindak pidana yang dilakukan oleh perseroan. (HAR)


Be a better friend, newshound, and know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.

__._,_.___
Yahoo! News

Kevin Sites

Get coverage of

world crises.

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

John McEnroe

on Yahoo! Groups

Join him for the

10 Day Challenge.

.

__,_._,___

No comments: