10 December 2007

[sobat-hutan] Presiden Serukan Pelestarian Orangutan

Refleksi: Masalah dengan orangutan ini bukan baru, sudah lehih dari dua abad, kenapa tidak dari dulu mengambil langkah konkrit dan bersuara. Negeri sendiri yang merusak hutan tempat kediaman orangutan, lalu minta tolong orang luar untuk menyelamatkan, apakah tidak lucu bin aneh dan  diluar logika manusia waras? 
 
 
 
Presiden Serukan Pelestarian Orangutan

Nusa Dua, 10 Desember 2007 18:04
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak dunia untuk menyelamatkan orangutan Indonesia, guna menyelamatkan bumi.

Hal tersebut dikemukakan oleh Presiden Yudhoyono dalam pidato sambutannya, saat meluncurkan buku "Strategi Konservasi dan Rencana Aksi Indonesia Untuk Orangutan" di Bali, Senin sore (10/12), dalam acara tambahan Konvensi Kerangka Kerja PBB untuk Perubahan Iklim ke-13 (UNFCCC).

"Orangutan adalah simbol dari hutan tropis, dengan menyelamatkan orangutan maka kita menyelamatkan hutan tropis yang mencegah emisi karbon," tegasnya.

Jika hutan tropis terjaga dengan baik, lanjut Presiden Yudhoyono, "Maka kita akan menyelamatkan beruang kutub sebagai simbol korban pemanasan global dan pada akhirnya menyelamatkan bumi dari perubahan iklim".

Menurut Kepala Negara, orangutan sangat identik dengan hutan tropis Indonesia. Oleh karenanya, demi kelangsungan orangutan tidak ada alasan untuk mengabaikan hutan Indonesia. Tanpa upaya konservasi orangutan, lanjutnya, dikhawatirkan akan punah pada 2050 dari Indonesia.

"Dalam 35 tahun terakhir, sekitar 15 ribu orangutan hilang akibat rusaknya hutan habitat mereka, dan akan punah pada 2050 jika ini terus berlangsung," tambah Presiden Yudhoyono.

Sementara itu, Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal mengatakan, orangutan adalah simbol dari dari fauna Indonesia. "Orangutan terkait dengan hutan, kalau orangutan hidup dan berkembang maka artinya hutan sehat," katanya.

Upaya pemerintah untuk melindungi orangutan, lanjut Dino, identik dengan usaha melindungi hutan dalam konteks pelestarian hutan berkelanjutan. "Upaya ini mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Australia," katanya.

Sementara itu Terry Irwin, janda Steve Irwin --penggiat lingkungan asal Australia-- yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa upaya penyelamatan orangutan yang dilakukan Indonesia menunjukkan kepemimpinan Indonesia menyelamatkan satwa langka. "Ini adalah kontribusi besar dalam upaya penyelamatan bumi," kata Terry yang mengaku telah berkali-kali mengunjungi Pulau Dewata yang sangat dicintai suaminya itu
. [EL,

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Food Lovers

Real Food Group

on Yahoo! Groups

find out more.

Connect w/Parents

on Yahoo! Groups

Get support and

share information.

.

__,_._,___

No comments: