18 November 2007

[sobat-hutan] Re: [infosawit] terbetik berita

All..
 
Email dibawah [bagian 1] adalah jawaban saya atas email dari KMSI/DMSI yang memberikan respon bahkan semacam keberatan ataupun dapat saya klasifikasikan sebagai suatu pernyataan yang sepertinya menuduh saya menyebarkan berita bohong dan tidak berdasar [email bagian 2].
Berita yang dianggapnya bohong  dan tidak berdasar itu adalah pada email saya pertama [bagian 3].
Sesudah beberapa hari saya berikan jawaban seperti pada [email bagian 1] dan beberapa yang di cc kan email oleh KMSI/DMSI saya kirimkan sms bahwa saya sudah kasih jawaban atas email DMSI/KMSI [yang tanpa nama dan seperti email dari organisasi liar saja] beberpa pihak tersebut membalas email saya "terima kasih atas sharingnya dan penjelasannya".
 
Ada satu pertanyaan saya yang belum terjawab dalam hal ini. Apakah isi dokument [Laporan Komunikasi RSPO Liaison Office C-02 pada halaman 4 atau halaman terakhir]..hasil pertemuan : Side Event -Stakeholders Dialogue on RSPO Indonesia Liaison Office pada tanggal 21 Nop 2006 bertempat di Meritus Mandarin South Tower Room 837 Singapore pada jam 18.15 -19.30 WIB yang mana pertemuan itu dihadiri oleh : Liz Chidley-Emily Fitzherbert-Greg McDonald-Andrea Gibson-Rudy R. Sumopawiro-Su Mei Toh-Paul Wolvekamp-Fitrian Ardiansyah-Bryan Dyer-Yudi Iskandarsyah-A.H. Semendawai-Rudy Lumuru-Daud Dharsono-Ismu Zulfikar-Derom Bangun-Rosediana Suharto-Roselia-Jacquemard-Kifly Simanjuntak-Soekisman Tjitrosemito-Edison Purba-Nadine Darmadi-Ronald Zwart-Jan Kees Vis-Teoh Cheng Hai-Andrew Ng-Si Siew Lim-.Aemelia Kalsom dan Deuxiemi Kusumadewi
tersebut benar adanya ?
 
Sayangnya belum ada pernyataan berani terbuka dari yang terlibat disana.  Sesungguhnya bagi saya, benar atapun tidak, bukan masalah, masing-masing pihak punpya sikap, apakah akan menjadi bagian dari kelompok yang akan melakukan counter atas kelompok yang melakukan kampanye melawan perkebunan sawit atau bahkan akan berkolaborasi dengan iblis dan setan sekalipun,...saya tidak peduli.
 
Saya hanya ingin meyakinkan diri saya dan mengetahui, "siapa-berwarna apa, siapa punya sikap-apa" itu saja.
Namun demikian, saya juga ngerti akan pepatah lama " tidak ada maling yang mengaku, kalau maling mengaku akan penuh isi penjara".  Jadi dengan demikian maka semakin jelas siapa memakai topeng apa.
 
Kepada kawan2 dari WWF [karena lembaga ini yang namanya tertulis di dokument itu], kalaupun anda berada pada posisi betul2 seperti yang tertuang dalam dokument itu, jagan anda pikir bahwa saya keberatan atau tersiksa karenannya.  Tidak ada sedikitpun dihati dan pikiran saya untuk keberatan akan posisi anda itu.  Silakan saja anda melakukan seperti yang tertuang dalam dokument itu, karena saya juga tidak akan meratap atau menangis karenanya.
 
Anda [WWF] harus bangga bahwa anda mempunyai pilihan sikap sedemikian itu, tidak ada yang salah kok.  Dan anda juga akan memiliki suatu kebanggan lain bila anda betul-betul tegas, jelas dan terbuka atas sikap itu.  Itu lebih terhormat ketimbang sumir, remeng, abu-abu, bancir. iya khan?
 
baiklah, saya nulis ini untuk sharing pengalaman dan informasi ke kawan-kawan saja.
 
nordin
 
ps. to orang yang nulis email dari DMSI dengan alamat : Indonesian Palm Oil Commission
Secretariat: c/o. Ditjen Perkebunan Departemen Pertanian, Kanpus Deptan Gedung C Lt. 5 R. 504
Jl. Harsono RM No. 3 Ragunan Jakarta Selatan 12550, Indonesia
Tel/Fax. +62 21 7827460
HARAP LAIN KALI NULIS EMAIL DIKASIH NAMA PENULIS / PENGRIMNYA, BIAR TDK TERKESAN LIAR.
Saya yakin organisasi anda penuh dengan orang2 berpendidikan dan mengerti etika ber-email.

 
 
 
======bagian 1===================================
Saudara Sekretarit DMSI yth.

Tolong anda baca lagi Laporan Komunikasi RSPO Liaison Office C-02 pada halaman 4 atau halaman terakhir.
Laporan tersebut adalah hasil pertemuan : Side Event -Stakeholders Dialogue on RSPO Indonesia Liaison Office pada tanggal 21 Nop 2006 bertempat di Meritus Mandarin South Tower Room 837 Singapore pada jam 18.15 -19.30 WIB yang mana pertemuan itu dihadiri oleh : Liz Chidley-Emily Fitzherbert-Greg McDonald-Andrea Gibson-Rudy R. Sumopawiro-Su Mei Toh-Paul Wolvekamp-Fitrian Ardiansyah-Bryan Dyer-Yudi Iskandarsyah-A.H. Semendawai-Rudy Lumuru-Daud Dharsono-Ismu Zulfikar-Derom Bangun-Rosediana Suharto-Roselia-Jacquemard-Kifly Simanjuntak-Soekisman Tjitrosemito-Edison Purba-Nadine Darmadi-Ronald Zwart-Jan Kees Vis-Teoh Cheng Hai-Andrew Ng-Si Siew Lim-.Aemelia Kalsom dan Deuxiemi Kusumadewi.

Bahwa saudara mengatakan merasa tersudut dan terfitnah, anda harus mengatakan hal tersebut kepada sipembuat laporan tersebut yang sdh dipublikasikan melalui website RILO, saya hanya mengutip tulisan dari laporan tersebut untuk dan agar diketahui oleh publik. Bunyinya tertulis :

10. Menanggapi tuduhan negatif dari pembeli di luar negeri yang dikeluhkan PT. Sumi Asih Oleochemical, dijelaskan oleh KMSI bahwa KMSI dan WWF-Indonesia sedang melakukan survey untuk menjawab tuduhan negatif dari dunia international (khususnya Eropa), misalnya bakaran hutan, seberapa jauh perkebunan kelapa sawit terlibat dalam kebakaran hutan. Bila Sumi Asih menerima tuduhan negatif dari pembeli Eropa, bisa dialamatkan ke kantor KMSI.

anda menulis :"...Kami sangat menghargai jika sebelum saudara menulis berita tersebut dalam suatu milis terbuka, melakukan rekonfirmasi terlebih dahulu kepada DMSI atas kebenaran berita tersebut.."

Saya ingatkan juga anda untuk sebelum merelease kepublik tulisan berupa laporan resmi di website RILO untuk di cek ulang dulu, jadi karena tulisan tersebut sdh di release ke publik, saya anggap bahwa itu adalah dokumen publik dan tidak perlu lagi saya lakukan konfirmasi ulang. SAya juga harus ingatkan anda bahwa tulisan tersebut bukan berita, saya mengutipnya dari dokument anda sendiri.

Anda menulis :"....Kami berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi, Kami terbuka untuk bekerjasama dengan LSM manapun tetapi dengan tujuan membangun citra positip negeri tercinta ini.."

Kami juga berharap anda lebih cermat lagi memeriksa dokumen anda, jangan anda sembarangan duga bahwa saya mengarang berita dan tulisan, kami juga terbuka untuk bekerjasama dengan pihak manapun, tetapi dengan tujuan yang baik dan bagus dan tidak melakukan pembenaran-pembenaran atas hal-hal yang salah berlindung dengan ats nama bangsa dan negara. Saya ingatkan anda bahwa di dada saya juga merah putih, tapi saya bukan buta hati untuk melihat bahwa bangsa ini juga banyak yang bicara lantang ttg nasionalisme tetapi hanya dimulut.

Terima kasih. semoga anda bisa koreksi diri dan tidak dengan gegabah menuduh orang lain menyebarkan berita palsu.

Nordin
Save Our Borneo [SOB]
Mobile : 0812 50 80 346

============bagian 2================================================
----- Original Message -----
Sent: Wednesday, November 07, 2007 11:02 AM
Subject: Re: [infosawit] terbetik berita

Yth. Bp. Nordin,

Mengenai email anda dalam milis infosawit@yahoogroups.com (thread no. #4647), bersama ini kami sampaikan bahwa kami merasa tersudut dan difitnah dengan adanya berita tersebut

Dapat kami sampaikan bahwa hal tersebut tidak benar adanya, karena sampai saat ini KMSI (yang telah berubah menjadi DMSI per tanggal 31 Mei 2007) tidak pernah memberikan keterangan seperti yang saudara sebar luaskandalam email tersebut. Sejak KMSI berdiri dan menjadi DMSI tugas kami bukan membela perusahaan per perusahaan tapi membela negara Indonesia yang produk sawitnya semua di deskreditkan diluar negeri. Kami sebagai warga negara merasa itu bagian dari tanggung jawab kami . Untuk itu kami tidak membawa nama satu LSMpun terkecuali bila mempunyai tujuan yang sama dan bersedia bekerja sama dengan kami.
Kami sangat menghargai jika sebelum  saudara menulis berita tersebut dalam suatu milis terbuka,  melakukan rekonfirmasi terlebih dahulu kepada DMSI atas kebenaran berita tersebut.
Kami berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi, Kami terbuka untuk bekerjasama dengan LSM manapun tetapi dengan tujuan membangun citra positip negeri tercinta ini

Untuk kepentingan dokumentasi mohon diberikan info mengenai media yang menerbitkan berita tersebut.

Terima kasih.

Salam,
Sekretariat DMSI

=============bagian 3==============================================

From:
"Nordin" <nordin@...>
Date: Mon Oct 29, 2007 12:59 pm
Subject: terbetik berita ..

kawan-kawan.....

terbetik berita seperti dibawah ini :

Menanggapi tuduhan negatif dari pembeli di luar negeri yang dikeluhkan PT.
Sumi Asih Oleochemical, dijelaskan oleh KMSI bahwa KMSI dan WWF-Indonesia
sedang melakukan survey untuk menjawab tuduhan negatif dari dunia
international (khususnya Eropa), misalnya kebakaran hutan, seberapa jauh
perkebunan kelapa sawit terlibat dalam kebakaran hutan. Bila Sumi Asih
menerima tuduhan negatif dari pembeli Eropa, bisa dialamatkan ke kantor
KMSI.

Ada yang pasang badan nih dan berkaki 2 : "........ KMSI dan WWF-Indonesia
sedang melakukan survey untuk menjawab tuduhan negatif dari dunia
international (khususnya Eropa)...........:



Ada yang bisa memberikan pencerahan ?

nordin
=============================================================

__._,_.___
Yahoo! News

Odd News

You won't believe

it, but it's true

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Yahoo! Groups

Get info and support

on Samsung HDTVs

and devices.

.

__,_._,___

No comments: