04 November 2007

[sobat-hutan] Perempuan Indonesia Tanam 10 Juta Pohon

Refleksi: Kalau penduduk Indonesia adalah kurang lebih 235 juta, dan 50% adalah wanita,  maka 10 juta pohon yang ditanam adalah terlalu rendah dibandingkan dengan jumlah penduduk wanita. Masalah yang bersangkutan dengan penaman pohon ini ialah pohon apa yang ditanam. Bukankah sebagusnya pohon yang multi fungsi baik untuk alam maupun untuk bisa langsung membantu kebutuhan hidup sehari-hari penduduk pedesaan. Ada yang punya pendapat lain?
 
 
 
SUARA PEMBARUAN DAILY

Perempuan Indonesia Tanam 10 Juta Pohon

 

[JAKARTA] Perempuan Indonesia dari berbagai organisasi akan menandatangani Deklarasi Tanam dan Pelihara 10 Juta Pohon, pada 28 November 2007 di Jakarta. Upaya perempuan Indonesia ini juga akan disampaikan dalam Konferensi Perubahan Iklim di Bali, Desember 2007.

"Aksi tanam dan pelihara serentak akan dilakukan di seluruh Indonesia mulai pukul 08.00, tanggal 1 hingga 22 Desember 2007, dan akan dilaporkan apakah tercapai angka 10 juta pohon," ujar Ketua Persatuan Ibu Kabinet Indonesia Bersatu, Murniati Widodo AS, di Jakarta, Jumat (2/11).

Murniati yang didampingi Linda Agum Gumelar (Ketua Umum Kowani), Nila Moeloek (Dharma Wanita Persatuan), Rossi Anton Apriyantono, Dewi Motik, Erna Witoelar, dan Lis Poernomo Yoesgiantoro itu mengatakan, juga akan diadakan sarasehan nasional tentang perubahan iklim pada 27 November 2007. Acara ini akan dihadiri seluruh istri kepala daerah.

"Upaya menanam dan memelihara 10 juta pohon memang tidak mudah, namun ini semua tidak mungkin dilakukan jika kita tidak ada program yang berkesinambungan. Oleh karena itu, hasil lain upaya kaum perempuan ini adalah terbangun dan terbentuknya jejaring kemitraan dengan seluruh lapisan masyarakat dan organisasi kelembagaan secara berkesinambungan," ucapnya.

Murniati mengungkapkan, kerusakan hutan tropis Indonesia sudah melebihi batas kemampuan manusia dan juga pemerintah untuk melakukan penghijauan dan rehabilitasi, sehingga diperlukan kepedulian dan komitmen kolektif seluruh komponen bangsa mencegah semakin parahnya kerusakan lingkungan.

"Salah satu caranya adalah membangun kepedulian sejak dini kaum perempuan agar menanam dan memelihara pohon di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Motivasi perempuan melakukan aksi nyata yang selama ini sudah ada dengan berbasis kearifan lokal semakin kuat," tuturnya. [E-5]

Last modified: 2/11/07

__._,_.___
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

Real Food Group

on Yahoo! Groups

What does real food

mean to you?

.

__,_._,___

No comments: