17 November 2007

[sobat-hutan] Menhut: Kasus Adelin Jangan Dibesar-besarkan

Refleksi: Kalau orangnya dicari, ditangkap dan diabwa kembali ke Indonesia, apakah itu bukan kasus  besar? Berapa % komisi Menhut untuk masalahnya dikecilkan? 
 
 
 
SUARA PEMBARUAN DAILY

Menhut: Kasus Adelin Jangan Dibesar-besarkan

 

[PADANG] Menteri Kehutanan (Menhut) MS Kaban mengatakan, persoalan pembalakan liar yang melibatkan Adelin Lis telah menjadi urusan kepolisian. Karena itu, sebaiknya persoalan tersebut diserahkan kepada kepolisian untuk menyelesaikannya. "Saya tidak ingin mencampuri urusan kepolisian. Mengenai pe- nanganan kasus Adelin Lis, sebaiknya serahkan kepada kepolisian untuk mengusutnya," ujar Kaban di Padang, Sabtu (17/11).

Menhut tampak enggan berkomentar banyak dalam persoalan Adelin Lis. "Sebaiknya, kita tidak perlu membesar-besarkan kasus tersebut, kita serahkan saja kepada kepolisian. Saya hanya berjalan sesuai prosedur," katanya.

Sementara itu, Mabes Polri terus meningkatkan konsentrasi dengan memeriksa semua pihak yang disinyalir terbukti terlibat konspirasi menyembunyikan atau membantu kaburnya Adelin Lis.

"Sampai saat ini kami masih mengumpulkan bukti dan saksi lain dalam rangka menelusuri adanya orang-orang atau pihak tertentu diduga bagian dari konspirasi pelarian Adelin," kata Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol Sisno Adiwinoto kepada SP di Jakarta, Sabtu (17/11) pagi.

Menurut Sisno, pencopotan jabatan Wakil Direktur Reserse dan Kriminal Polda Sumatera Utara AKBP Arsianto karena yang dia lalai membiarkan Adelin kabur. Tindakan ini adalah bentuk konsistensi pimpinan Polri, yang siap menjatuhkan sanksi kepada anggota yang lalai saat menjalankan tugas di lapangan. "Keseriusan Polri ini hendaknya dilakukan juga oleh aparat instansi lain yang menangani kasus Adelin, agar jangan segan memberikan sanksi tegas kepada anggotanya yang lalai menangani kasus ini," ujar Sisno.

Konspirasi

Sebelumnya, Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri di Jakarta, Jumat (16/11) mengatakan, adanya dukungan konspirasi kaburnya Adelin dibuktikan dengan dua fakta. Pertama, berita acara pelaksanaan penetapan hakim ditemukan waktu, tanggal, dan pembuatan secara tertulis di atas kertas dengan tinta pulpen diperkuat pelaksanaan penetapan hakim berdasar surat perintah Kejaksaan Negeri Medan nomor Print-03/Ft.1/03/2007 tanggal 2 Maret 2007. Data tersebut berbeda waktu sekitar delapan bulan dari jadwal pelaksanaan sidang.

Kedua, berita acara pengeluaran tahanan janggal karena terdakwa Adelin Lis divonis tanggal 5 November 2007 pukul 17.00 WIB, namun yang dijadikan dasarnya adalah penetapan hakim tanggal 1 November 2007.

"Dua kejanggalan tersebut memperlihatkan adanya kerancuan yang perlu diselidiki intensif guna mengetahui apakah surat-surat itu telah dipersiapkan jauh sebelum vonis pengadilan. Fakta itu juga bagian dari konspirasi," tegas Bambang.

Sementara itu, Polda Sumut menyambut baik niat Adelin Lis untuk menyerahkan diri.

"Polisi tetap profesional dan proporsional, tidak akan melakukan pelanggaran hak asasi Adelin Lis. Kami jamin Adelin akan diperlakukan dengan baik," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Aspan Nainggolan di Medan, Sabtu (17/11).

Aspan mengaku belum mendapatkan laporan resmi dari kuasa hukum maupun keluarga Adelin Lis atas rencana menyerahkan diri tersebut. Polisi mengetahui hal itu lewat pemberitaan media massa. "Kami berharap kuasa hukum Adelin Lis tidak hanya berbicara lewat media massa saja. Lebih baik Adelin segera menyerahkan diri saja," imbaunya.

Kendati begitu, kata Aspan, pihak kepolisian masih terus melakukan pengejaran terhadap Adelin. "Polisi tidak akan lengah melakukan pencarian dan pengejaran. Rencana menye-rahkan diri itu bisa saja spekulasi untuk mengelabui polisi agar tidak lagi melakukan pengejaran, sehingga Adelin bisa kabur ke luar negeri," katanya. [BO/AHS/G-5]


Last modified: 17/11/07

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

Curves on Yahoo!

Share & discuss

Curves, fitness

and weight loss.

.

__,_._,___

No comments: