04 November 2007

[sobat-hutan] 50 Persen Hutan Kalbar Rusak

Refleksi: Bukan saja Kalimantan Barat, tetapi juga di Pulau Natuna terjadi hal yang sama, erosi tanah yang luar biasa. Hal ini tidak bisa disembunyikan oleh pemerintahan tukang copet, karena sekarang umum bisa melihat kerusakan alam ini melalui Earth Google yaitu gambar satelit dari Nasa. Masalahnya ialah apakah rakyat setempat sadar atau tidak bahwa mereka dirugikan dan lebih dimiskinkan.
 
 
SUARA PEMBARUAN DAILY

50 Persen Hutan Kalbar Rusak

 

[PONTIANAK] Hingga saat ini kondisi hutan di Kalimantan Barat (Kalbar) sudah memprihatinkan, di mana 50 persen dari hutan Kalbar sudah mengalami kerusakan. Sementara anggaran untuk merehabilitasi hutan sangat minim dan tidak seimbang antara dana dengan laju kerusakan hutan.

Hal itu dikatakan Mahfud S, Asisten I Pemprov Kalbar, pada pembukaan sosialisasi penanaman pohon di Pontianak, Kamis (1/11).

Luas hutan Kalbar mencapai 9 juta hektare (ha) lebih. Kerusakan hutan akibat terjadinya penebangan liar, perambahan hutan dan kebakaran hutan dan lahan serta perubahan fungsi hutan menjadi perkebunan. Untuk merehabilitasi hutan, peranan semua komponen masyarakat sangat dibutuhkan sehingga timbul budaya menanam pohon bagi setiap individu, katanya.

Dikatakan, melihat kondisi hutan Kalbar yang sudah rusak, program rehabilitasi sangat mendesak untuk dilakukan. Sehingga, hutan dan fungsi hutan dapat dipulihkan atau segera kembali. Dalam rangka melakukan rehabilitasi hutan, beberapa hal perlu diperhatikan. Yaitu rehabilitasi itu harus dilakukan secara komprehensif, operasional, menjamin kelestarian lingkungan dan alam, serta melibatkan dan memberdayakan masyarakat sekitar hutan.

Untuk memperbaiki kondisi hutan, masyarakat diharapkan dapat menjadi motivator dalam rangka merehabilitasi hutan. Selain itu, perlu juga dikembangkan pembangunan hutan oleh pihak perusahaan atau swasta serta kegiatan konservasi yang memotivasi masyarakat untuk melaksanakan penanaman dan rehabilitasi hutan. [146]

Last modified: 3/11/07

__._,_.___
Yahoo! News

Get it all here

Breaking news to

entertainment news

Search Ads

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Special K Challenge

on Yahoo! Groups

Find shape-up

tips and tools.

.

__,_._,___

No comments: