13 October 2007

[sobat-hutan] Ketua BPK: Sulit Lacak Harta Soeharto

Refleksi : Sebelumnya juga Presiden SBY telah mengatakan bahwa tidak ada data di Bank Dunia. Jadi apakah yang dimaksudkan dengan pernyataan "sulit" oleh Ketua BPK ialah harta haram Pak Harto tidak akan dilacak? Sulit bukan berarti tidak mungkin. Kasusnya terletak pada kemauan politik pemerintah, kalau pemerintah tidak mau melacak, tentu saja sulit adalah sinonim dari "impossible" atau tidak mungkin, dengan begitu harta haram menjadi berkat Illahi bagi Pak Harto dan keluarga.

---

Ketua BPK: Sulit Lacak Harta Soeharto
Sabtu, 13 Oktober 2007 | 20:31 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Anwar Nasution mengatakan jauh lebih sulit melacak harta Soeharto saat ini dibandingkan pada masa pemerintahan Habibie. Sebab, harta mantan presiden yang diduga hasil korupsi itu sudah mengalami pencucian uang berkali-kali. " Jadi tidak kelihatan," kata Anwar di sela-sela acara halal bihalal di rumah dinasnya di Kompleks Menteri Jalan Denpasar, Jakarta, Sabtu (13/10).

Namun menurut Anwar tawaran bantuan Bank Dunia dan PBB untuk pelacakan aset mantan penguasa korupsi diharapkan bisa mempermudah usaha melacak aset Soeharto. Apalagi, lanjutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah menemui Bank Dunia terkait data-data itu.

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan Yunus Husein justru mengungkapkan data dari Bank Dunia itu kurang mendetail. "Perlu informasi tambahan yang lebih detail," ujarnya.

Menurut Yunus, delegasi Indonesia telah menemui Bank Dunia sebulan lalu dan akan ditindaklanjuti dengan kunjungan delegasi Bank Dunia ke Indonesia. Kunjungan delegasi Bank Dunia dalam rangka memberikan bantuan teknis, diantaranya cara penelusuran aset, melaksanakan kerja sama internasional, dan cara menangani masalah hukum.

Yunus sependapat dengan Anwar bahwa rentang waktu sembilan tahun terhitung sejak Soeharto lengser menyebabkan pelacakan aset kehilangan jejak. "Duit bisa ke mana-mana, berpindah-pindah," ujar Yunus.

Meskipun demikian, Yunus beranggapan hal tersebut masih memungkinkan bila semua pihak bekerja sama seperti, Kejaksaan, Departemen Luar Negeri, Departemen Hukum dan HAM, Kepolisian RI.


Nieke Indrietta

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! News

Sexual Health

Get important

sex health news

Ads on Yahoo!

Learn more now.

Reach customers

searching for you.

Best of Y! Groups

Check it out

and nominate your

group to be featured.

.

__,_._,___

No comments: