26 October 2007

[sobat-hutan] Hutan Lindung Riau Porak-Poranda

Hutan Lindung Riau Porak-Poranda
Jum'at, 26 Oktober 2007 | 17:39 WIB

TEMPO Interaktif, Pekanbaru:Seluruh kawasan dengan status hutan lindung dan hutan suaka alam di Riau dinyatakan rusak parah. Sedikitnya 67 persen sudah porak-poranda. Maraknya praktek illegal logging, perizinan yang serampangan, serta perambahan kawasan hutan menjadi perkebunan, merupakan faktor utama gundulnya hutan lindung Riau.

Pemaparan hasil monitoring Jaringan Kerja Penyelamatan Hutan Riau (Jikalahari) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau menyebutkan, dari 19 lokasi dengan status hutan lindung, seluruhnya rusak parah.

Hasil monitoring itu mencatat, dari 848.150 hektare hutan lindung pada tahun 2005 lalu, kini hanya tinggal 260.000 hektare atau hanya tersisa sekitar 30 persen. Malah, tim juga menemukan beberapa hutan lindung yang ditetapkan berdasarkan TGHK 1996, kini sudah berubah menjadi perkebunan.

"Di sana sudah tidak ditemukan lagi hutan. Yang ada hanya kebun sawit dan akasia untuk bubur kertas," ujar Direktur Walhi Riau, Jhoni Setiawan Mundung, di Pekanbaru, Jumat.

Kerusakan terparah itu terjadi antara lain di kawasan Hutan Lindung Suligi, Hutan Lindung Bukit Betabuh, Mahato, Rimbang Baling dan Hutan Raya Okura. Tim mencatat kerusakan pada lima kawasan itu mencapai sekitar 80 hingga 85 persen.

"Nyaris tidak ada lagi yang tersisa. Kerusakannya sudah sangat luar biasa dan mengerikan. Pemerintah perlu melakukan evaluasi ulang atas tata ruang wilayah," ujar Suseno Kurniawan dari Jikalahari.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Riau, Zulkifli, mengaku belum memperoleh data yang akurat menyangkut porak-porandanya hutan lindung Riau. "Saya tidak dapat memberikan penjelasan atas kerusakan hutan lindung dimaksud. Belum ada data yang akurat. Apa lagi menyangkut teknis, itu sepenuhnya wewenang kabupaten," ujarnya.

Jupernalis Samosir

__._,_.___
Yahoo! News

Fashion News

What's the word on

fashion and style?

New web site?

Drive traffic now.

Get your business

on Yahoo! search.

Real Food Group

Share recipes

and favorite meals

w/ Real Food lovers.

.

__,_._,___

No comments: