26 March 2007

Undangan kuliah primata


Pusat Primata Schmutzer – Taman Margasatwa Ragunan

konservasi PRIMATA
di Jantung Pulau JAWA


&
REKREKAN Presbytis fredericae
javan fuscous leaf monkey

bersama
Arif Setyawan, SHut.
[Lab. Satwaliar UGM ]

SABTU
31 Maret 2007
10.00 wib

Pusat Pendidikan Primata
Pusat Primata Schmutzer
Taman Margasatwa Ragunan - Jakarta

didukung oleh :
|Yayasan Gibbon Indonesia | Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo |


Tentang Obrolan Konservasi [OK] dan Kuliah Primata [KP]

Pusat Primata Schmutzer - Taman Margasatwa Ragunan, mengadakan kegiatan untuk membangkitkan dukungan/ partisipasi masyarakat dalam upaya konservasi pada umumnya dan konservasi primata pada khususnya melalui program presentasi dan diskusi semi formal yang dikemas dalam "Obrolan Konservasi" dan "Kuliah Primata". Program ini merupakan lanjutan dari program yang sebelumnya berjudul lecture.

Obrolan Konservasi

Dilakukan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman tentang alam-lingkungan secara umum dan keterkaitannya dengan kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung.
Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya konservasi dan diharapkan masyarakat dapat berkontribusi dengan aktifitas nyata dalam bentuk apapun.

Kuliah Primata

Untuk memberikan pengenalan tentang primata secara umum, serta fungsi keberadaannya di alam kepada masyarakat luas.

Untuk memberikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat luas mengenai kondisi primata dan habitatnya di Indonesia beserta berbagai tantangannya, sehingga pemahaman masyarakat juga meningkat.

Untuk mengupayakan kegiatan konservasi yang akan lebih efektif dan menyentuh akar permasalahan dengan cara memfasilitasi adanya kegiatan pendidikan konservasi bagi masyarakat luas untuk membangkitkan partisipasinya dalam kegiatan konservasi yang lebih nyata.


Catatan dari kegiatan Obrolan Konservasi 09 Desember 2006

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
[Arief Setyawan | Universitas Gadjah Mada]

.... Apa jadinya bumi tanpa tumbuhan dan hewan? Tentu yang terjadi adalah manusia tidak dapat bertahan hidup karena dari merekalah manusia dapat melangsungkan kehidupannya. Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Pusat Primata Schmutzer Taman Margasatwa Ragunan (PPS-TMR) memanfaatkannya untuk membentuk generasi yang cinta lingkungan. Dengan melibatkan anak-anak usia sekolah dari tingkat TK sampai dengan tingkat kelas III SD serta anak-anak dari kebutuhan khusus, PPS-TMR mengadakan kegiatan lomba mewarnai untuk menumbuhkan semangat melestarikan puspa dan satwa.

Sebelum acara lomba mewarnai, peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk berkeliling area PPS-TMR dan dipandu oleh volunteer PPS. Selama berkeliling, anak-anak sangat antusias melihat primta yang ada. Seperti Erick yang bertanya tentang orangutan berkali-kali. “Orangutan membuat sarang sama seperti rumah buat manusia ya Kak? Supaya tidak kehujanan dan untuk tempat tidur kan?” begitu tanya Erick sewaktu berada di terowongan orangutan yang langsung diiyakan oleh Sorta, volunteer yang memandunya ....


NB :
Anda yang berminat mendapatkan file digital dari foto kegiatan dapat download dari:


http://educationsch mutzer.multiply.com/

File presentasi dalam format PDF dapat download dari:

http://groups.yahoo.com/group/Sahabat_ primata/files/

[foto © Pusat Primata Schmutzer, Kuswandono]


agar ANDA selalu memperoleh informasi update tentang KuliahPrimata dan ObrolanKonservasi serta informasi lainnya, silakan bergabung dengan

Sahabat_primata@yahoogroups. com

atau buka di alamat

http://groups.yahoo.com/group/Sahabat_primata/



| education_schmutzer @yahoo.com | educationschmutzer. multiply. com | [021] 7884 7105 |

http://sobat-hutan.blogspot.com

No comments: