17 March 2007

Workshop on the Economics of Climate Change

Young Minds Workshop ini adalah yang pertama kali diadakan dengan memanfaatkan momentum kedatangan Penasehat Ekonomi akibat Perubahan Iklim untuk Pemerintah Inggris, Sir Nicholas Stern, ke Jakarta, Indonesia, sekaligus menjelang Konvensi PBB tentang Perubahan Iklim di Bali, Desember 2007.


Kali ini, kami mengajak 50 anak muda dan 10 jurnalis media anak muda untuk bergandengan tangan dan saling melengkapi satu dengan yang lain.

Caranya? Menyerukan ide-ide luar biasa hingga menjadi kelompok kerja yang matang dan menawarkan pencerahan cerdas. Young Minds Workshop akan membantu anak muda mengeksplorasi inovasi-inovasi baru, solusi tepat, dan melakukan aksi nyata untuk isu pemanasan global dan perubahan iklim.


Karena setiap sumbangan kita, sebagai individu maupun bagian dari komunitas, memiliki dampak langsung pada Bumi. Gaya hidup kita, apa yang kita beli, kita makan, kita pakai, kita kendarai, sampai yang kita buang menentukan masa depan kita sendiri.




WWF-Indonesia & British Embassy
Young Minds Workshop


Build-Your-Own- Campaign

Climate Change: Future Threat & Present Danger


Universitas Paramadina (tentative)

Jakarta, 22 - 24 Maret 2007


Tell us what's in your mind?

Just download the form by clicking www.wwf.or.id



What is Young Minds Workshop?

Young Minds Workshop adalah kegiatan bersama antara WWF-Indonesia dan British Embassy untuk memancing anak-anak muda berpikir kreatif sekaligus praktis dari berbagai sudut pandang dan bidang ilmu dalam menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan, khususnya isu perubahan iklim (Climate Change).

Fokus utama dari forum ini adalah:

- Menyebarluaskan informasi bahwa pemanasan global dan perubahan iklim adalah nyata. Konsumsi energi kita memiliki efek samping terhadap lingkungan dan harus dicari jalan keluarnya.


- Mendorong publik untuk melakukan aksi nyata. Publik memiliki 2 peran:

Pelaku dan korban ¨- aktivitas manusia berhubungan langsung dengan emisi gas rumah kaca. Dan, kadarnya telah melebihi batas sehingga hingga terjadi pemanasan global.

Climate Change: Future Threat & Present Danger.

Pemberi solusi - lakukan sesuatu untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Dimulai dari rumah sendiri. Dan, menjadi agen perubahan dengan membuat kampanye sesuai komunitas yang dituju. Build-Your-Own- Campaign!

The Organizers: WWF-Indonesia and British Embassy

WWF-Indonesia

WWF merupakan LSM lingkungan terbesar di dunia yang terkenal karena misi konservasinya.

Didirikan di tahun 1961, WWF beroperasi di lebih dari 100 negara, dengan suporter tetap mencapai 5 juta orang.

Misi WWF: menghentikan kerusakan lingkungan di bumi dan mengembalikannya ke kondisi semula supaya manusia dapat hidup secara harmonis dengan alam.

WWF-Indonesia bekerja dengan empat (4) program utama, yaitu Forest (hutan), Marine (laut), Species (spesies), dan Climate and Energy (iklim dan energi).

Fokus utama kegiatan Progam Iklim dan Energi adalah:
(i) solusi dan mencari alternatif untuk beralih dari sumber pemanasan global (bahan bakar fosil) menjadi pemanfaatan energi berkelanjutan (pemakaian energi bersih/clean and green energy ) dan pemanfaatan energi dengan efisien

(ii) solusi dan pengembangan strategi adaptasi bagi keanekaragaman hayati dan manusia dalam mengurangi ancaman-ancaman lain di luar perubahan iklim sehingga kerusakan dan kepunahan dapat dihambat.

British Embassy (Kedutaan Besar Inggris)

Kedutaan Besar Inggris Jakarta adalah perwakilan resmi dari Pemerintah Inggris di Indonesia dan terdiri atas beberapa bagian yang masing-masing bertanggungjawab atas bidang-bidang tertentu. Bagian-bagian ini memberi layanan bagi masyarakat, seperti memberikan informasi umum, mempromosikan kesempatan perdagangan antara Indonesia dan Inggris, dan menerbitkan visa. Bidang yang memelopori Young Minds Workshop bersama dengan

WWF-Indonesia adalah Bagian Politik dan Ekonomi. Bidang ini bertanggungjawab untuk mengikuti dan melapor keadaan politik dan ekonomi di Indonesia, mempererat hubungan antara organisasi-organisasi dan anggota-anggota parlemen dari kedua negara, dan bekerja dengan Pemerintah, LSM, dan organisasi-organisasi Masyarakat Sipil untuk memperkuat upaya-upaya resolusi konflik.



Build-Your-Own- Campaign Young Minds Workshop

WWF-Indonesia dan British Embassy mencari 50 anak muda (mahasiswa dan profesional muda) dan 10 orang jurnalis dari media anak muda dengan minat besar terhadap isu lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan untuk bertukar pikiran pada hari Rabu Jumat, 21 - 23 Maret 2007, yang diadakan di Ruang Serba Guna Universitas Paramadina, Pk 10.00 - 17.00.


Apakah Anda?

- Mahasiswa, fresh graduate, profesional muda, atau jurnalis media anak muda yang peduli lingkungan

- Berusia 18 - 30 tahun

- Datang dari latar belakang pendidikan:
- Ilmu pengetahuan
- Teknologi
- Sosial Budaya
- Seni Rupa dan Desain

- Aktif ikut serta atau memiliki minat tinggi pada kegiatan dan aktivitas yang fokus pada isu lingkungan hidup

- Punya kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik

- Punya kemampuan untuk melakukan presentasi (publik speaking)

- Dapat bekerja sama dalam kelompok.


Syarat Keikutsertaan

1. Isi formulir

2. Salah satu tantangan abad ini adalah keseimbangan antara bidang ekonomi dan lingkungan hidup. Deskripsikan dengan singkat minat Anda pada isu ini dan aktivitas-aktivitas yang pernah Anda ikuti terkait dengan isu tersebut

3. Tulis essay 7000 karakter (dengan spasi) tentang perubahan iklim (Climate Change). Essay tersebut minimal merefleksikan ide-ide Anda tentang:

a. Apa yang Anda ketahui tentang pemanasan global (Global Warming) dan perubahan iklim (Climate Change), dan hubungan antara keduanya? Penyebab dan dampaknya?

b. Apa menurut Anda dampak perubahan iklim (Climate Change) terjadi di Indonesia?

c. Apa yang bisa dilakukan saya sebagai individu dan bagian dari komunitas untuk mengatasi efek perubahan iklim (Climate Change)?


Prosedur/Aturan Main

- Formulir dan syarat keiikutsertaan harus dipenuhi. Jika ada yang tidak lengkap, maka tidak akan diproses

- Essay dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (7000 karakter dengan spasi, kertas A4, spasi 1,5)

- Bersedia mengikuti workshop selama 3 hari penuh, mulai tanggal 21 - 23 Maret 2007, Pk 10.00 - 17.00

- Fotokopi KTP atau kartu identitas lain

- Semua kelengkapan harus sudah diserahkan kepada kami sebelum tanggal 17 Maret 2007

- Workshop ini tidak dipungut biaya

- Setiap individu sangat didukung untuk ikut serta. Calon peserta workshop akan dipilih berdasarkan essay yang masuk berdasarkan minat dan pengetahuannya tentang isu yang diminta. Bukan berdasarkan cepat lambatnya mendaftar.


Mohon kirimkan formulir dan kelengkapan keiikutsertaan Anda sebelum tanggal 17 Maret 2007 ke:

Program Iklim dan Energi
WWF-Indonesia
Kantor Taman A9 Unit A1
Kawasan Mega Kuningan
Jakarta 12950
Telp : 021 576 10 70 # 206


Atau kirimkan lewat email ke:

vpuspawardani@wwf.or.id

No comments: